Bocoran Cara Dapat Vaksin Covid-19 Mandiri, Bisa Open PO

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Bocoran Cara Dapat Vaksin Covid-19 Mandiri, Bisa Open PO

Bocoran Cara Dapat Vaksin Covid-19 Mandiri, Bisa Open PO

KEPONEWS.COM - Bocoran Cara Dapat Vaksin Covid-19 Mandiri, Bisa Open PO JAKARTA - Pemerintah sedang mempersiapkan diri untuk program vaksinasi Covid-19 termasuk yang lewat jalur mandiri. Untuk mempersiapkannya Kementerian BUMN menunjuk PT Bio Farma dan PT Telkom Indonesia...

JAKARTA - Pemerintah sedang mempersiapkan diri untuk program vaksinasi Covid-19 termasuk yang lewat jalur mandiri. Untuk mempersiapkannya Kementerian BUMN menunjuk PT Bio Farma dan PT Telkom Indonesia.

Chief Digital Healthcare Officer Bio Farma Soleh Ayubi mengatakan, proses awal pemerintah akan melakukan sosialisasi melalui media online, cetak, elektronik hingga sosmed. tujuannya memberitahukan bahwa proses vaksinasi akan dimulai.

Vaksin Covid-19 Berbayar Dijual Online dan Offline

Dalam penjualannya nanti akan dilakukan lewat beberapa channel baik online maupun offline. Untuk proses melalui software ada 7 tahapan yang harus dilakukan.

Inforgrasi Grafis Harga Vaksin

Pertama pasien melakukan registrasi dan pre-order.Tahap pertama itu bertujuan untuk menangkap data masyarakat apakah sesuai dengan ketentuan vaksinasi COVID-19.

Erick Thohir Buka-bukaan Kenapa RI Tak Pakai Vaksin Covid-19 Pfizer dan Moderna

Sistem pre-order ini juga untuk menangkap seberapa besar kebutuhan vaksin hingga mendekati akurat. Sehingga nantinya penyelenggara vaksinasi tidak bisa memesan vaksin melebihi data pre-order tersebut. Tujuannya untuk menghindari penimbunan.

"Jadi vaksin ini sangat terbatas, jadi enggak bisa order 100 ribu vaksin tapi enggak ada demand yang real. Ini juga untuk hindari penimbunan. Pasien ini dilakukan registrasi dan melakukan pembayaran," jelasnya.

Kedua, pasien melakukan reservasi dan melakukan pembayaran. Software itu akan memunculkan notifikasi pengingat untuk melakukan pembayaran.

Ketiga pasien juga akan mendapatkan reminder wacana proses vaksinasi. Tahap keempat pasien diingatkan untuk mengisi form consent atau assent form.

Tahap kelima pasien baru bisa mengunjungi fasilitas kesehatan yang sudah ditentukan terdekat dengan lokasi pasien. Kemudian tempat fasilitas seperti RS, klinik maupun puskesmas akan melakukan validasi QR code yang didapat oleh pasien di dalam software itu.

Comments