Bocah ini ditumbuhi 'akar' di tubuhnya gara-gara penyakit langka

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Bocah ini ditumbuhi 'akar' di tubuhnya gara-gara penyakit langka

Bocah ini ditumbuhi 'akar' di tubuhnya gara-gara penyakit langka

KEPONEWS.COM - Bocah ini ditumbuhi 'akar' di tubuhnya gara-gara penyakit langka Nasib nahas dialami bocah umur 10 tahun dari Bangladesh. Pada beberapa bagian tubuh bocah bernama Shahana itu muncul semacam akar. Dia pertama kali menunjukkan tanda-tanda kondisi langka ini ketika ba...

Nasib nahas dialami bocah umur 10 tahun dari Bangladesh. Pada beberapa bagian tubuh bocah bernama Shahana itu muncul semacam akar. Dia pertama kali menunjukkan tanda-tanda kondisi langka ini ketika baru menginjak usia enam bulan.

Ia disebut menderita Epidermodysplasia Verruciformis (EV) yang juga dikenal sebagai 'penyakit manusia pohon'. Sebagian orang lain menyebut orang yang menderita penyakit ini sebagai manusia akar.

Perlahan, akar yang tumbuh di wajahnya semakin banyak, mirip di hidung, pipi, dagu dan indera pendengaran. Hingga ketika ini orangtuanya masih terus mengusahakan pengobatan untuknya.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (1/2), keluarga Shahana berasal dari sebuah desa terpencil di bagian utara Bangladesh. Ketika ini ia sedang menjalani pengobatan di Dhaka Medical College Hospital. Yang bikin salut, meskipun keadaannya mirip itu, teman-teman sekelasnya tak menghindari dan tetap berteman baik dengan Shahana.

"Saya merasakan gatal di wajah dan lutut ketika pagi dan malam hari," katanya.

EV sendiri merupakan gangguan kulit langka yang menciptakan jaringan baru pada tubuh menyerupai kutil. Penyakit mirip ini bisa jadi diwarisi dari gen salah satu orangtuanya.

Kasus manusia pohon mirip Shahana sebelumnya sudah beberapa kali menghebohkan dunia. Sebut saja Toader Ion dari Rumania, Abul Bajandar dari Bangladesh, dan Dede Koswara dari Bandung, Indonesia. Bahkan tangan dan kaki mereka sampai hilang tertutup kutil menyerupai akar-akar yang muncul itu.

Dede koswara sendiri meninggal pada Januari 2016, sementara Abul Bajandar akhirnya mempunyai tangan lagi setelah dilakukan 16 kali operasi pada tangannya untuk membuang 5 kilogram kutil yang akan terjadi penyakit ini.

(del)

Comments