BNPB Imbau Masyarakat yang Tak Berkepentingan Jauhi Lokasi Longsor Sukabumi

Nasional

News / Nasional

BNPB Imbau Masyarakat yang Tak Berkepentingan Jauhi Lokasi Longsor Sukabumi

BNPB Imbau Masyarakat yang Tak Berkepentingan Jauhi Lokasi Longsor Sukabumi

KEPONEWS.COM - BNPB Imbau Masyarakat yang Tak Berkepentingan Jauhi Lokasi Longsor Sukabumi Laporan Wartawan Tribunnews, Rizal Bomantama JAKARTA - Kepala Pusat Data dan Berita BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Sutopo Purwo Nugroho meminta masyarakat yang tak berkepentingan untuk...

Laporan Wartawan Tribunnews, Rizal Bomantama

JAKARTA - Kepala Pusat Data dan Berita BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Sutopo Purwo Nugroho meminta masyarakat yang tak berkepentingan untuk menjauhi lokasi bencana tanah longsor di Dusun Garehong, Desa Simaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Menurutnya ada dua faktor yang menyebabkan masyarakat untuk menghindari lokasi itu.

Pertama warga yang hanya ingin menonton lokasi bencana akan membuat padat jalan akses menuju lokasi yang sebenarnya sudah sempit dengan medan curam, sehingga menghambat bantuan seperti logistik, personil SAR, dan ambulans untuk datang, ujar Sutopo, Selasa (1/1/2019).

Menurut Sutopo fenomena itu selalu terjadi di lokasi bencana di seluruh Indonesia seperti tsunami di Pandeglang, longsor Banjarnegara, longsor Brebes, dan jebolnya Situ Gintung.

Lalu faktor kedua ialah masih adanya potensi longsor susulan yang terjadi di lokasi itu.

Longsor susulan masih terjadi meskipun intensitasnya kecil sehingga masyarakat diminta untuk menjauhi daerah itu untuk menghindari hal yang tak diinginkan, tegasnya.

Kondisi tanah yang rapuh, terurai, dan berlumpur karena hujan juga semakin membuat tim SAR gabungan kesulitan untuk mencari warga yang masih dinyatakan hilang, pungkasnya.

BNPB: Evakuasi Korban Longsor Sukabumi, Tim SAR Gabungan Terkendala Hal Ini

Sementara itu Sutopo juga menyatakan hingga hari ini sudah ada lima orang yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Data sementara hingga pukul 10.00 hari ini dari 32 kepala keluarga atau 107 jiwa yang terdampak dari kejadian itu ada 5 orang meninggal dunia, 3 luka-luka, 61 diselamatkan di pengungsian, dan 38 di antaranya belum ditemukan, ujarnya

BNPB Imbau Masyarakat yang Tak Berkepentingan Jauhi Lokasi Longsor Sukabumi

Comments