BJ Habibie Meninggal Dunia, Kenali Penyakit Gagal Jantung yang Jadi Biang Keroknya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

BJ Habibie Meninggal Dunia, Kenali Penyakit Gagal Jantung yang Jadi Biang Keroknya

BJ Habibie Meninggal Dunia, Kenali Penyakit Gagal Jantung yang Jadi Biang Keroknya

KEPONEWS.COM - BJ Habibie Meninggal Dunia, Kenali Penyakit Gagal Jantung yang Jadi Biang Keroknya INDONESIA kembali berduka! Presiden RI ke-3 Bachruddin Jusuf Habibie meninggal dunia. Di masa hidupnya, rupanya Habibie mengidap penyakit jantung hingga berujung komplikasi. Sekira 10 hari dirawat di...
Loading...

INDONESIA kembali berduka! Presiden RI ke-3 Bachruddin Jusuf Habibie meninggal dunia. Di masa hidupnya, rupanya Habibie mengidap penyakit jantung hingga berujung komplikasi.

Sekira 10 hari dirawat di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. Selama di rumah sakit, kondisi Habibie memang dikabarkan kritis. Sehari sebelum Habibie meninggal dunia, beliau dikabarkan sempat membaik.

Meski tim dokter kepresidenan sudah berjuang keras merawat Habibie, namun akhirnya meninggal dunia di usia 83 tahun.

Di masa sekarang, penyakit jantung mudah dialami oleh siapa saja. Baik dari kalangan usia tua maupun muda, bisa menderita penyakit mematikan itu. Turunan dari penyakit jantung sendiri ada beberapa macam, salah satunya yakni gagal jantung.

Dijelaskan Spesialis Jantung dari RS Harapan Kita Jakarta dr Rarsari Soerarso SpJP(K), prevalensi kejadian gagal jantung diperkirakan ada 3-20 per 1.000 penduduk. Rata-rata, pria usia 65 tahun yang mengalami penyakit tersebut karena gaya hidup.

"Gagal jantung salah satu penyakit serius, yang mana organ jantung sulit memompa darah dengan lancar ke seluruh tubuh. Tapi tidak dapat dirasakan oleh setiap pasiennya dalam waktu cepat," ucapnya.

Dokter Rarsari menambahkan, gejala dari gagal jantung bisa memburuk atau berubah. Pasien akan mudah lelah, jantung sering berdebar dengan irama tidak jelas, tubuhnya lemah, sesak napas, sering batuk, hingga kaki bengkak.

Penyakit gagal jantung, penyebab BJ Habibie Meninggal.

Selanjutnya
Loading...

Comments