Bisnis Sewa Mobil Bergairah di Masa Pandemi COVID-19

Otomotif

News / Otomotif

Bisnis Sewa Mobil Bergairah di Masa Pandemi COVID-19

Bisnis Sewa Mobil Bergairah di Masa Pandemi COVID-19

KEPONEWS.COM - Bisnis Sewa Mobil Bergairah di Masa Pandemi COVID-19 PANDEMI COVID-19 telah menyebabkan perubahan besar dalam cara manusia bergerak. Dengan social distancing menjadi bagian dari norma baru, orang mulai memprioritaskan mobilitas pribadi. Perubahan ini me...

PANDEMI COVID-19 telah menyebabkan perubahan besar dalam cara manusia bergerak. Dengan social distancing menjadi bagian dari norma baru, orang mulai memprioritaskan mobilitas pribadi. Perubahan ini memberi angin segar bagi industri sewa mobil.

Sebuah perusahaan persewaan mobil yang didirikan dua warga asal Amerika Serikat di India, termasuk yang menikmatinya.

Zoomcar, demikian nama perusahaan itu. Bermarkas di Bengaluru, sebuah pusat IT di India, perusahaan itu dirintis dua orang keturunan AS, David Back dan Greg Moran.

Hindari Kejahatan, Begini Cara Pilih Rental Mobil Aman

Setelah drop out dari sekolah usaha, mereka merintis usaha ini dengan hanya tujuh mobil dalam armadanya. Kini, mereka menargetkan hampir 20 juta pemesanan sewa mobil pada tahun 2022.

Dalam perbincangan dengan majalah Fortune India, Greg Moran, salah satu pendiri Zoomcar yang juga merupakan CEO perusahaan itu, menceritakan, dalam resesi yang sedang berlangsung saat ini, permintaan untuk sewa mobil mengalami lonjakan eksponensial.

Ilustrasi

Polusi di New Delhi, India (AFP)

Beberapa bulan terakhir menunjukkan peningkatan yang luar biasa. Sewa mobil terbukti menjadi pilihan yang lebih baik daripada naik kendaraan umum, dan juga sebagai cara yang lebih terjangkau dan lebih cepat untuk mendapatkan mobil. Sewa mobil memberikan mobilitas pribadi yang aman, katanya.

Menurut Moran, Zoomcar yang operasinya sempat ditutup selama dua bulan selama lockdown nasional, mengalami peningkatan permintaan hingga 400 persen pada awalnya setelah kebijakan pembatasan mobilitas mulai dilonggarkan Juni lalu.

Ia memperkirakan, permintaan itu akan sedikit menyusut pada bulan-bulan mendatang menjadi 200 hingga 300 persen

Setiap industri perlu menyesuaikan diri dengan norma baru. Industri sewa mobil, untuk itu, sangat siap dan siap melayani pelanggannya. COVID-19 memang telah mengubah dinamika perekonomian kita. Apa yang dulu menjadi norma hingga tahun lalu mungkin menjadi usang dalam beberapa pekan mendatang, kata Moran.

5 Bagian Mobil yang Rentan Terpapar COVID-19, Bersihkan Secara Rajin!

Menurut data Zoomcar, orang-orang India kini mulai mencari opsi mempunyai mobil dalam jangka pendek ketimbang jangka panjang. Zoomcar juga mencatat lonjakan permintaan sewa mobil untuk kebutuhan kerja dan kasus-kasus darurat.

Tantangan bagi Zoomcar kali ini merupakan memikirkan kembali model usaha dan mencari sesuatu yang memberikan peredaran pendapatan yang stabil untuk mengurangi risiko usaha di bawah kendala COVID-19.

Pembicaraan kami sekarang merupakan memahami bagaimana perilaku konsumen kelak pasca-COVID dan bagaimana mengelola biaya sewaktu usaha terpaksa berhenti untuk sementara waktu, katanya.

Comments