Bisakah Vaksin Flu Cegah Pneumonia?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Bisakah Vaksin Flu Cegah Pneumonia?

Bisakah Vaksin Flu Cegah Pneumonia?

KEPONEWS.COM - Bisakah Vaksin Flu Cegah Pneumonia? Kesulitan dokter mendiagnosis serta meresepkan obat membuat penyakit pneumonia dianggap cukup sulit untuk ditangani. Meski begitu, penyakit yang menginfeksi jaringan paru-paru tersebut dapat dicegah....

Kesulitan dokter mendiagnosis serta meresepkan obat membuat penyakit pneumonia dianggap cukup sulit untuk ditangani. Meski begitu, penyakit yang menginfeksi jaringan paru-paru tersebut dapat dicegah.

Ya, ada upaya pencegahan yang bisa Kamu lakukan supaya tidak terpapar infeksi pneumonia. Salah satunya merupakan dengan vaksinasi flu.

"Mendapatkan vaksin flu juga dapat membantu, karena virus dapat menyebabkan infeksi pneumonia," papar Ahli Paru di NewYork-Presbyterian dan Columbia University Irving Meical Center, dr Luke Benvenuto, MD, dikutip dari laman Health.

Bersin

Vaksin yang melindungi seseorang dari pneumonia bakterial tersedia untuk orang yang berusia di atas 65 tahun dan untuk anak kecil, serta merupakan alat pencegahan yang sangat efektif. Baik orang dewasa yang lebih tua dan anak-anak di bawah 5 tahun mempunyai risiko tinggi tertular pneumonia.

Gaya Amanda Manopo Naik Moge Bikin Netizen Syok: Bu Bos Gagah

Waspadai Pneumonia, Infeksi Paru yang Ditandai Sering Merasa Lelah

Vaksin

Perokok dan orang dengan kondisi medis tertentu, seperti diabetes atau penyakit jantung, juga lebih mungkin terkena pneumonia dibandingkan yang lain.

Selain vaksinasi flu, pencegahan pneumonia yang bisa dilakukan merupakan dengan menerapkan hidup sehat serta menjalankan protokol kesehatan.

Pneumonia virus sangat mudah menular dan karena itu, bersin atau batuk menyebarkan kuman ke udara. Untuk menghindari penyakit ini, ikuti kebiasaan baik yang sama seperti Kamu menghindari pilek.

"Jadi, rajin-rajinlah cuci tangan dengan sabun, bersihkan permukaan tempat kuman dapat menempel (seperti gagang pintu), dan ketika Kamu bersin usahakan bersin ke siku tangan, bukan ke telapak tangan," tambah dr Benvenuto.

(hel)

Comments