Bisa Dicontoh untuk Ibukota Baru RI, Kota Ini Wujudkan Sistem Transportasi Otonom

Otomotif

News / Otomotif

Bisa Dicontoh untuk Ibukota Baru RI, Kota Ini Wujudkan Sistem Transportasi Otonom

Bisa Dicontoh untuk Ibukota Baru RI, Kota Ini Wujudkan Sistem Transportasi Otonom

KEPONEWS.COM - Bisa Dicontoh untuk Ibukota Baru RI, Kota Ini Wujudkan Sistem Transportasi Otonom IBARAKI - Langkah penggunaan transportasi massal berbasis kendaraan otonom, menjadi wacana pemerintah Indonesia dalam membangun Ibu Kota Baru nanti. Kendaraan tanpa pengemudi tersebut menjadi pilihan,...
Loading...

IBARAKI - Langkah penggunaan transportasi massal berbasis kendaraan otonom, menjadi wacana pemerintah Indonesia dalam membangun Ibu Kota Baru nanti. Kendaraan tanpa pengemudi tersebut menjadi pilihan, mengingat konsep pembangunan daerah Ibu Kota Baru yang dibuat berkonsep sebagai kota cerdas serta hijau.

Pemerintah Indonesia mungkin bisa mengambil contoh penerapan transportasi umum berbasis otonom tersebut, dari langkah yang dilakukan otoritas kota Sakai, Ibaraki, Jepang. Otoritas kota tersebut mulai memakai kendaraan otonom sebagai transportasi umum, dalam wilayah pusat kota mulai April 2020 nanti, seperti dilansir dari laman NHK.

Mobil otonom

Kendaraan otonom ini akan dikelola oleh SB Drive, anak perusahaan Grup SoftBank yang sedang giat mengampanyekan penggunaan kendaraan otonom di negara tersebut. Unit kendaraan Navya Arma buatan Prancis menjadi pilihan dalam program ini, dengan kemampuan mengangkut 15 orang dalam kabin, termasuk 11 penumpang duduk.

Rangkaian penggerak Navya Arma berbekal kombinasi motor penggerak ganda berkekuatan 25 kW atau sekitar 33 hp, yang dapat melaju kecepatan maksimal mencapai 25 Kpj. Paket baterai dalam mobil otonom ini berkapasitas penuh 33 kWh, dengan kemampuan pengisian ulang mencapai 90 persen dalam 4 jam.

Selanjutnya

Comments