Bisa Buat Sekolah Online, Ini Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Bisa Buat Sekolah Online, Ini Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Bisa Buat Sekolah Online, Ini Cara Membuat Kelas di Google Classroom

KEPONEWS.COM - Bisa Buat Sekolah Online, Ini Cara Membuat Kelas di Google Classroom Mengingat sekarang ini virus corona sedang begitu mewabah, pemerintah memutuskan untuk mengalihkan kegiatan belajar mengajar menjadi sekolah online. Biar memudahkan kamu, begini cara membuat kelas di...

Mengingat sekarang ini virus corona sedang begitu mewabah, pemerintah memutuskan untuk mengalihkan kegiatan belajar mengajar menjadi sekolah online. Biar memudahkan kamu, begini cara membuat kelas di Google Classroom.

Karena harus melangsungkan sekolah online, beberapa guru dan pihak sekolah harus memanfaatkan aplikasi-aplikasi video call yang dapat memudahkan aktivitas belajar mengajar.

Selain memakai Zoom, guru dan pihak sekolah bisa memanfaatkan layanan Google yaitu Google Classroom. Dengan layanan ini, guru dapat membuat kelas menyesuaikan tiap mata pelajaran yang ada.

Cukup praktis untuk digunakan, berikut beberapa cara mudah untuk membuat kelas di Google Classroom. Pastikan kamu mempunyai akun Google pribadi atau khusus untuk proses belajar mengajar.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah masuk ke laman https://classroom.google.com/. Usai masuk ke laman pertama Google Classroom, kamu bisa memilih ikon plus (+) untuk membuat kelas atau bergabung dengan kelas yang sudah ada.

Cara membuat kelas di Google Classroom. (Google)Cara membuat kelas di Google Classroom. (Google)

Untuk membuat kelas, kamu bisa memilih pilihan 'Create Class'. Selanjutnya, kamu perlu mengisi beberapa berita yang dibutuhkan seperti nama kelas, ruangan, dan lain-lain.

Bila semua berita yang diminta sudah kamu isi dan dianggap sesuai, langsung pilih pilihan 'Create' yang kemudian langsung mengarahkan kamu ke kelas yang sudah kamu buat ini.

Langkah selanjutnya merupakan dengan membuat kode kelas yang dapat digunakan untuk mengundang siswa ke kelas yang telah kamu buat. Jangan lupa untuk membagikan kode tersebut ke siswa ya.

Cara membuat kelas di Google Classroom. (Google)Cara membuat kelas di Google Classroom. (Google)

Selanjutnya, untuk siswa, bila ingin bergabung dengan kelas di Google Classroom, kamu cukup memilih pilihan 'Join Class' dan kemudian pilih ikon plus (+).

Langkah terakhir untuk masuk ke kelas, siswa perlu mengisi kode yang menjadi kunci untuk masuk ke kelas yang telah dibuat ini. Kalau kodenya benar, maka kamu akan langsung masuk ke kelas untuk memulai sekolah online.

Comments