Bisa Bikin Malu, Begini Cara Gampang Ketahui Kamu Bau Mulut atau Tidak

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Bisa Bikin Malu, Begini Cara Gampang Ketahui Kamu Bau Mulut atau Tidak

Bisa Bikin Malu, Begini Cara Gampang Ketahui Kamu Bau Mulut atau Tidak

KEPONEWS.COM - Bisa Bikin Malu, Begini Cara Gampang Ketahui Kamu Bau Mulut atau Tidak BAU mulut ialah kondisi yang membuat seseorang kurang percaya diri untuk berinteraksi dengan orang lain. Maka tak heran bila ada orang yang bau mulut ia berusaha menghilangkannya. Akan tetapi, ada ora...

BAU mulut ialah kondisi yang membuat seseorang kurang percaya diri untuk berinteraksi dengan orang lain. Maka tak heran bila ada orang yang bau mulut ia berusaha menghilangkannya. Akan tetapi, ada orang yang tidak sadar dia bau mulut. Ada pula yang menganggap dirinya tidak bau mulut dikarenakan telah melakukan tes sederhana.

Ya, banyak orang yang akan membuang napas dari mulut di telapak tangannya lalu mencium aroma yang keluar. Cara ini dilakukan untuk memastikan dirinya bau mulut atau tidak. Namun dokter gigi sekaligus ahli hatolisis, Dr Harold Katz menyatakan cara itu salah.

"Metode standar bernapas ke tangan tidak akan berhasil karena otak dirancang untuk menyaring bau Kamu sendiri. Sebaliknya, jilat punggung tangan dan biarkan mengering. Kemudian barulah Kamu mengendus aromanya," kata Dr Harold seperti yang dikutip Okezone dari Mirror, Kamis (1/11/2018).

bau mulut

Cara tersebut dapat membuat senyawa belerang yang menyatu dengan air liur menguap ketika menempel di kulit. Dengan begitu, seseorang dapat mendeteksi bau mulutnya melalui cara menjilat punggung tangan yang notabene mempunyai kulit. Selain itu, cara ini bisa menjadi solusi bagi seseorang yang terlalu malu menanyakan bau mulutnya kepada sahabat atau kerabat.

Bau mulut terjadi karena adanya bakteri yang hidup di mulut. Bakteri itu mendapatkan asupan protein dari makanan, lendir, dan darah untuk hidup. Kondisi itu membuat bakteri melepaskan senyawa belerang yang bau dari lidah dan tenggorokan. Pada akhirnya itulah yang menyebabkan aroma tidak sedap.

Satu dari empat orang diperkirakan mengalami halitosis atau bau mulut secara teratur. Alasannya adalah kondisi ini dapat dipicu dengan banyak sekali faktor. Mulai dari konsumsi bawang, produk susu, hingga keju. Makanan-makanan itu mengandung protein yang disukai bakteri di mulut. Begitu juga dengan makanan lain yang mengandung protein seperti daging, ikan sayuran kubis, dan brokoli karena mengandung banyak belerang yang berbau. Gula dan makanan yang bersifat asam dapat mempercepat produksi bakteri dan membuat bau mulut menjadi lebih buruk.

(hel)

Comments