Bisa Berubah Warna, Katak Ini Pertama Kalinya Terlihat dalam 700 Tahun

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Bisa Berubah Warna, Katak Ini Pertama Kalinya Terlihat dalam 700 Tahun

Bisa Berubah Warna, Katak Ini Pertama Kalinya Terlihat dalam 700 Tahun

KEPONEWS.COM - Bisa Berubah Warna, Katak Ini Pertama Kalinya Terlihat dalam 700 Tahun Spesies katak yang dapat berubah warna menjadi biru, pertama kalinya terlihat dalam 700 tahun di Inggris. Katak tegalan jantan (moor frogs) yang tersebar luas di Eropa berubah warna menjadi biru, di...

Spesies katak yang dapat berubah warna menjadi biru, pertama kalinya terlihat dalam 700 tahun di Inggris.

Katak tegalan jantan (moor frogs) yang tersebar luas di Eropa berubah warna menjadi biru, di musim semi saat hewan itu bersiap untuk kawin, di mana perubahan warna tersebut dilakukan untuk menarik betina.

Perubahan warna ini dipicu oleh remaja di Staffordshire bernama Harvey Tweats dan Tom Whitehurst yang membuat sangkar pembiakan di bak mandi kecil.

Mereka kemudian memainkan suara katak jantan yang bersiap untuk kawin, sehingga katak tersebut mengira dikelilingi oleh para pesaingnya dan membuatnya berubah warna.

Burung Paruh Kodok: Viral Burung Mirip Kayu, Ciri-ciri dan Keunikannya

Kedua remaja yang mempunyai perusahaan pengembangbiakan Celtic Reptile and Amphibian tersebut dengan percaya diri menyatakan bahwa ini pertama kalinya katak tegalan jantan menjadi biru sepenuhnya di Inggris dalam 700 tahun.

Ben Goldsmith, anggota dewan Departemen Lingkungan, Pangan, dan Urusan Pedesaan (DEFRA), mendanai proyek kedua remaja tersebut.

Blue Moor Frog. [Wikimedia]Blue Moor Frog. [Wikimedia]

"Kedua remaja lelaki ini sedang membangun populasi penangkaran reptil dan amfibi asli Eropa Utara yang telah langka atau hilang di Inggris," kata Goldsmith, dikutip dari Daily Mail, Kamis (8/4/2021).

Musim kawin spesies katak ini umumnya berlangsung antara Maret dan Juni tepat setelah hibernasi berakhir.

Para katak jantan akan mengeluarkan nyanyian seperti paduan suara dan berubah warna menjadi biru cerah dalam beberapa hari selama musim kawin.

Susi Pudjiastuti Tak Mempan Dibully, Rocky: Hiu Saja Takut Sama Bu Susi

Bibit setiap katak biasanya diletakkan dalam satu atau dua kelompok yang terdiri dari 500-3000 telur, di perairan dangkal yang hangat seperti di kolam.

Comments