Biopsi Menyebabkan Kanker Lebih Cepat Menyebar? Ini Kata Dokter

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Biopsi Menyebabkan Kanker Lebih Cepat Menyebar? Ini Kata Dokter

Biopsi Menyebabkan Kanker Lebih Cepat Menyebar? Ini Kata Dokter

KEPONEWS.COM - Biopsi Menyebabkan Kanker Lebih Cepat Menyebar? Ini Kata Dokter Biopsi Menyebabkan Kanker Lebih Cepat Menyebar? Ini Kata Dokter (Depositphotos) Biopsi merupakan salah satu metode pemeriksaan untuk mendeteksi adanya sel kanker payudara. Biopsi dilakukan dengan cara...

Biopsi Menyebabkan Kanker Lebih Cepat Menyebar? Ini Kata Dokter (Depositphotos)

Biopsi merupakan salah satu metode pemeriksaan untuk mendeteksi adanya sel kanker payudara. Biopsi dilakukan dengan cara mengambil sampel jaringan pada payudara untuk kemudian dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksi adanya sel kanker.

Ada tiga macam biopsi yang bisa dilakukan, yakni biopsi dengan jarum halus atau disebut Fine Needle Aspiration Biopsy (FNAB), biosi dengan membuat irisan kecil di kulit payudara dan mengambil sedikit jaringan tumor atau Core Biopsi, dan biopsi dengan melakukan bedah atau Biopsi Bedah.

Namun ada sebagian masyarakat yang meyakini biopsi dapat menyebabkan stadium kanker lebih parah. Menanggapi hal ini, dr. M. Yadi Permana, Sp. B (K) Onk, dokter spesialis bedah dan konsultan bedah onkologi dari rumah sakit Pondok Indah, mengatakan anggapan ini salah kaprah.

(Depositphotos)

Yang menjadi masalah, setelah melakukan biopsi banyak orang tidak menjalankan terapi lanjutan dengan benar. Setelah biopsi, mereka enggak mau menjalani pengobatan, apakah harus diangkat (jaringan payudaranya) atau diapakan. Itu yang menyebabkan kanker menyebar sehingga ketika mereka datang ke dokter lagi, stadium kanker sudah meningkat, urai dokter Yadi.

Menurut dokter Yadi, setelah melakukan biopsi, pasien sangat dianjurkan untuk mengikuti petunjuk dokter wacana metode terapi pengobatan yang harus dijalani selanjutnya. Jikalau semua prosedur dijalankan dengan benar, biopsi justru sangat membantu untuk mengetahui keberadaan sel kanker dan memutuskan tindakan selanjutnya.

(riz / wida)

Comments