Biografi Oskar Fischinger - Animator, Pembuat film, Pelukis Abstrak, dan Penemu Lumigraph

Tokoh

Ragam / Tokoh

Biografi Oskar Fischinger - Animator, Pembuat film, Pelukis Abstrak, dan Penemu Lumigraph

Biografi Oskar Fischinger - Animator, Pembuat film, Pelukis Abstrak, dan Penemu Lumigraph

KEPONEWS.COM - Biografi Oskar Fischinger - Animator, Pembuat film, Pelukis Abstrak, dan Penemu Lumigraph Oskar Wilhelm Fischinger ialah seorang animator, pembuat film, dan pelukis berdarah Jerman-Amerika asal Gelnhausen, Jerman ketika ini. Ia dikenal karena karyanya di bidang animasi musik tak berbentuk...
Oskar Wilhelm Fischinger ialah seorang animator, pembuat film, dan pelukis berdarah Jerman-Amerika asal Gelnhausen, Jerman ketika ini. Ia dikenal karena karyanya di bidang animasi musik tak berbentuk beberapa dekade sebelum munculnya komputer grafis dan video musik yang lazim digunakan ketika ini. Salah satunya, Fischinger terlibat dalam karya efek khusus dalam film panjang Woman in the Moon karya Fritz Lang yang tayang pada tahun 1929, salah satu film fiksi ilmiah bertema luar angkasa yang diproduksi pada zamannya. Total ia menghasilkan lebih dari 50 film pendek, menciptakan sekitar 800 karya lukis dalam kanvas yang di antaranya sudah masuk ke dalam banyak museum di seluruh dunia.

Oskar Wilhelm Fischinger lahir pada 22 Juni 1900, Gelnhausen, kekaisaran Jerman. Fischinger magang di sebuah perusahaan pembuat organ setelah dia selesai sekolah sampai pemiliknya dikonsepkan ke dalam perang. Tahun berikutnya ia bekerja sebagai juru gambar di kantor arsitek, sampai ia juga dipanggil untuk bertugas. Namun, karena dia terlalu 'tidak sehat', dia ditolak dari tugas tempur. Setelah perang, keluarga Fischinger bergerak ke barat menuju Frankfurt . Di sana, Fischinger menghadiri sebuah sekolah perdagangan dan bekerja sebagai magang, akhirnya mendapatkan ijazah insinyur.

Awal karir

Di Frankfurt, Fischinger bertemu dengan kritikus teater Bernhard Diebold , yang pada tahun 1921 mengenalkan Fischinger kepada karya dan tokoh Walter Ruttmann , seorang pelopor dalam film tak berbentuk . Terinspirasi oleh karya Ruttmann, Fischinger mulai bereksperimen dengan cairan berwarna dan bahan pemodelan tiga dimensi seperti lilin dan tanah liat. Dia menemukan "Mesin Slicing Wax", yang menyinkronkan alat pengiris vertikal dengan rana kamera kamera, memungkinkan pencitraan efisien penampang melintang progresif melalui panjang lilin dan tanah liat yang dicetak. Fischinger menulis surat kepada Ruttmann perihal mesinnya, yang menyatakan minatnya. Pindah ke Munich , Fischinger melisensikan mesin pengiris lilin ke Ruttmann, yang menggunakannya untuk membuat latar belakang film Lohan Reiniger's Prince Achmed. Selama ini Fischinger banyak melakukan tes tak berbentuk menggunakan mesinnya. Beberapa di antaranya didistribusikan hari ini di bawah judul percobaan Wax yang ditugaskan.

Pada tahun 1924, Fischinger dipekerjakan oleh pengusaha Amerika Louis Seel untuk memproduksi kartun satiris yang cenderung mengarah pada penonton dewasa. Dia juga membuat film tak berbentuk dan tesnya sendiri, mencoba teknik baru dan berbeda, termasuk penggunaan beberapa proyektor. "Pada tahun 1926 dan 1927, Fischinger menampilkan banyak film proyektornya sendiri dengan banyak sekali iringan musik. Pertunjukan ini berjudul Fieber ( Fever ), Vakuum , Macht ( Power ) dan kemudian, R-1 ein Formspiel ". Pada tahun 2012, sebuah acara layar ganda, "Raumlichtkunst," dari seri yang pertama kali diadakan di Jerman pada tahun 1926, direkonstruksi oleh Center for Visual Music dan dipamerkan di Whitney Museum dan Tate Modern , London .

Menghadapi kesulitan keuangan, Fischinger meminjam dari keluarganya, dan kemudian sang induk semang. Akhirnya, dalam usaha untuk melepaskan diri dari penagih tagihan, Fischinger memutuskan untuk diam-diam meninggalkan Munich ke Berlin pada bulan Juni 1927. Dengan hanya menggunakan peralatan vitalnya, dia berjalan sejauh 350 mil melintasi pedesaan, menembak bingkai tunggal yang dilepaskan beberapa dekade kemudian ketika film Walking from Munich ke Berlin .

Penemuan Lumigraph

Pada akhir 1940-an, Fischinger menemukan Lumigraph (dipatenkan pada tahun 1955) yang oleh beberapa orang salah menyebut jenis organ warna. Seperti penemu organ warna lainnya, Fischinger berharap bisa menjadikan Lumigraph sebagai produk komersial, tersedia untuk siapa saja, tapi ini tidak terjadi. Instrumen menghasilkan citra dengan menekan layar karet sehingga bisa menonjol ke dalam berkas cahaya berwarna yang sempit. Sebagai instrumen visual, ukuran layarnya dibatasi oleh jangkauan pemain. Dua orang diharuskan mengoperasikan Lumigraph: satu untuk memanipulasi layar untuk menciptakan citra, dan sedetik untuk mengubah warna lampu pada isyarat.

Perangkat itu sendiri pun sunyi, namun tampil menemani banyak sekali musik. Fischinger memberikan beberapa pertunjukan di Los Angeles dan satu di San Francisco pada awal 1950-an, menampilkan banyak sekali potongan musik klasik dan populer, dan banyak yang terkesan dengan gambar spektakuler mesin tersebut. Pada tahun 1964, Lumigraph digunakan dalam film fiksi ilmiah The Time Travelers , di mana ia menjadi 'lumichord', meskipun ini bukan maksud Fischinger, namun keputusan produser film tersebut. Putra Fischinger Conrad bahkan membangun dua mesin lagi dalam banyak sekali ukuran. Setelah kematiannya, jandanya Elfriede dan putrinya Barbara tampil dengan Lumigraph, bersama William Moritz , di Eropa dan Amerika Serikat.

Hari ini salah satu instrumennya ada dalam koleksi Deutsches Filmmuseum di Frankfurt , dan dua lainnya ada di California. Pada bulan Februari 2007 Barbara Fischinger tampil di Lumigraphium asli di Frankfurt. Dokumentasi film dan video pertunjukan Lumigraph Elfriede berada di Center for Visual Music di Los Angeles.

Oskar Fischinger meninggal dunia pada 31 Januari 1967 (umur 66), di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Film

Silhouetten (1920)St be (1920)Wachs Experimente (1921)Studies 1 4 (1921 1925)Spiralen (1925)M nchen-Berlin Wanderung (1927)Seelische Konstruktionen (1927)Study Nr. 2 (1929)Study Nr. 3 (1930)Study Nr. 4 (1930)Study Nr. 5 (1930)Study Nr. 6 (1930)Study Nr. 7 (1930-31)Study Nr. 8 (1931)Study Nr. 9 (1931)Study Nr. 12 (1932)Study Nr. 13-fragment (1933-34)Kreise (Alle kreise erfasst Tolirag) (1933-34)Muratti greift ein (1934)Komposition in Blau (1935)Muratti Privat (1935)Allegretto (1936)An Optical Poem (1937)Organic Fragment (1941)Am American March (1941)Motion Painting Nr. 1 (1947)Muntz TV Commercial (c. 1952) Google doodleHari ini 22 Juni 2017 Goole menampilkan sebuah animasi menarik sejenis permainan musik yang dapat digunakan oleh pengguna Homepage Google.

Tampilan di halaman depan google yang biasa disebut Google doodle tersebut pengunjung Google dapat mencoba membuat musik dengan memilih titik-titik untuk kemudian dapat menghasilkan suara dan warna yang indah.

Tampilan tersebut merupakan penghargaan Google kepada Oskar Fischinger sebagai Animator, Pembuat film, Pelukis Tak berbentuk, dan Penemu Lumigraph yang berulang tahun yang ke-117. (sumber)

Tweet

Comments