BincangShopee Big Ramadan Sale Bagikan Kiat Alokasi Keuangan saat Ramadan

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

BincangShopee Big Ramadan Sale Bagikan Kiat Alokasi Keuangan saat Ramadan

BincangShopee Big Ramadan Sale Bagikan Kiat Alokasi Keuangan saat Ramadan

KEPONEWS.COM - BincangShopee Big Ramadan Sale Bagikan Kiat Alokasi Keuangan saat Ramadan JAKARTA - Ramadan merupakan bulan yang disambut dengan antusiasme yang tinggi. Banyak sekali momentum spesial yang dinanti, mulai dari menjalankan ibadah, kegiatan ngabuburit, berbuka puasa, sahur hin...

JAKARTA - Ramadan merupakan bulan yang disambut dengan antusiasme yang tinggi. Banyak sekali momentum spesial yang dinanti, mulai dari menjalankan ibadah, kegiatan ngabuburit, berbuka puasa, sahur hingga persiapan menyambut hari Raya Idul Fitri.

Pada periode ini masyarakat juga cenderung lebih konsumtif khususnya karena kebutuhan yang meningkat secara signifikan. Tidak hanya itu, pengeluaran tambahan lainnya seperti pembagian THR, bersedekah hingga biaya mudik, juga harus diperhitungkan dan disiapkan sebelumnya agar pengeluaran dapat tetap terjaga.

Moment Penuh Berkah Istimewa, Shopee Big Ramadan Sale Hadirkan Banyak Promo Dahsyat!

Salah satu tantangan yang sering dihadapi merupakan pengeluaran yang besar, bahkan kerap terjadi pembengkakan. Melihat hal ini, Shopee menggelar acara BincangShopee Big Ramadan Sale: Lihat Peluang, Pintar Atur Keuangan yang dihadiri oleh Dwi Handayani (Influencer/Shopee Affiliate), Annisa Steviani (Certified Financial Planner), dan Daniel Minardi (Head of Brands Management & Digital Product Shopee Indonesia).

Acara yang menjadi bagian dari kemeriahan kampanye Big Ramadan Sale ini, bertujuan untuk membahas serba serbi alokasi keuangan selama bulan Ramadan yang tepat dan efektif.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Product Shopee Indonesia mengatakan, Tingginya antusiasme masyarakat mempersiapkan kebutuhan selama bulan puasa hingga momen kebersamaan dengan keluarga saat hari raya Idul Fitri, menjadi salah satu faktor mengapa periode Ramadan mempunyai aktivitas belanja yang tinggi.

Sehingga, lanjutnya, tidak hanya alokasi persebaran pengeluaran yang tepat, tetapi mengatur taktik dalam pemenuhan kebutuhan dengan memanfaatkan program serta inovasi yang dihadirkan juga menjadi elemen penting dalam perencanaan keuangan saat Ramadan.

Di Shopee, semua yang kami lakukan didasari oleh komitmen untuk membantu pengguna memenuhi segala preferensi kebutuhan, ujarnya.

Pihaknya berharap promo menarik yang dihadirkan selama kampanye Big Ramadan Sale berlangsung dapat memberikan keuntungan bagi pengguna saat memenuhi kebutuhan, serta melalui Shopee Affiliate Program, pengguna diharapkan dapat memanfaatkan peluang mendapatkan penghasilan tambahan khususnya di tengah tingginya animo belanja masyarakat pada periode ini.

Menjaga kondisi keuangan agar tetap terkendali merupakan hal yang penting bagi setiap individu, tidak terkecuali pada bulan Ramadan. Annisa Steviani, Certified Financial Planner mengatakan, Saya senang dapat membuatkan dalam acara BincangShopee yang mengangkat tema perencanaan keuangan di bulan Ramadan.

Menurutnya, salah satu tantangan di tengah antusiasme menjelang bulan Ramadan, ialah hilangnya pertahanan diri berbelanja kebutuhan, namun di saat yang sama melupakan nominal pemasukan pada periode tersebut tetap sama. Hal ini berakhir boncos.

Untuk menghindari hal tersebut, mengelola keuangan secara tepat perlu dilakukan dengan perencanaan yang matang. Sehingga tidak hanya mengetahui persebaran persentase alokasi, kita juga dapat mengatur taktik dengan memanfaatkan promo ataupun peluang yang dihadirkan Shopee melalui kampanye Big Ramadan Sale ini, tuturnya.

Berikut Serba Serbi Alokasi Keuangan Anti Boncos Ramadan & Lebaran ala Annisa Steviani;

1. Hindari kesalahan ini!

Kesalahan keuangan utama di bulan Ramadan yang membuat diri boncos merupakan Tidak Punya Budget Khusus Ramadan. Setiap individu harus memahami kebiasaan pengeluaran. Dengan pemahaman tersebut, setidaknya bisa memperkirakan berapa budget yang perlu dipersiapkan untuk Ramadan dan kamu jadi bisa mulai menabung dari jauh hari.

Setelah itu, jangan lupa alokasi beramal. Kita tahu bahwa di bulan penuh berkah ini, donasi kian meningkat dan terdapat kewajiban berzakat. Sehingga, perlu diperhatikan berapa persentase alokasi pada bulan tersebut.

Yang terpenting ialah menahan diri, pengeluaran berlebih tetapi jumlah penghasilan tetap sama, menjadi masalah yang sering terjadi. Dengan mengelola keuangan secara tepat, hal ini dapat menghindari setiap individu dari pengeluaran berlebih hingga mengakibatkan terganggunya cash flow.

Yang terakhir, jangan menganggap Lebaran sebagai garis finish. Perjalanan kebutuhan mu masih panjang!

2. Kira-kira apa saja biaya tak terduga?

Perkirakan dan tulis apa saja biaya tak terduga yang akan dikeluarkan. Hal ini meliputi, budget makan spesial, buka puasa bersama, kenaikan harga bahan pokok, beramal serta hampers.

Sebagian besar dari faktor ini memang bukan kebutuhan utama, tetapi dengan situasi Ramadan yang berbeda pada tahun ini, tentunya momen kebersamaan merupakan hal yang dinanti oleh setiap individu.

Tidak hanya itu, tren hampers yang masih berlangsung tentunya juga masih menjadi pertimbangan untuk dilakukan pada tahun ini. Sehingga lebih baik untuk mengalokasikan keuangan untuk biaya tak terduga.

3. Taktik ideal mengatur keuangan selama Ramadan

Kalau sudah tahu biaya tidak terduga apa saja yang akan dikeluarkan, sebenarnya kamu bisa kok mengatur taktik keuangan bulan Ramadan dari jauh-jauh hari. Agar pengeluaran menyambut hari raya terasa lebih ringan, kamu sebaiknya menyisihkan sebagiani pendapatan setiap bulannya untuk ditabung atau diinvestasikan.

Lalu, kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan untuk menambah anggaran berbelanja di bulan Ramadan. Bagi kamu yang gemar memberikan rekomendasi produk pada sahabat, coba deh cek Shopee Affiliate Program! Program ini semudah mengulas dan membuatkan link produk Shopee di sosmed tapi bisa jadi penghasilan sampingan.

Selanjutnya, sebaiknya kamu pisahkan daftar kebutuhan menjadi kebutuhan untuk Lebaran seperti mudik, menyebarkan dengan orang tua, thr, baju baru, dan budget masakan lebaran dengan kebutuhan pasca Lebaran seperti asisten rumah tangga infal, menyambut tahun ajaran baru, hingga keperluan berkurban di Idul Adha.

Fungsi dari memisahkan daftar kebutuhan ini merupakan agar kamu bisa memprediksi berapa anggaran tambahan yang harus kamu siapkan agar dapat menjalani bulan Ramadan tanpa perlu khawatir soal masalah keuangan.

4. Alokasi THR sebaik mungkin


Selain menghabiskan momen kebersamaan bersama kerabat terdekat, salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu menjelang Lebaran merupakan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Ketika mendapatkan THR, kita kerap merasa tergoda untuk langsung menggunakannya untuk berbelanja hal-hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Sebaiknya langkah pertama yang harus kita lakukan merupakan menuntaskan kewajiban seperti zakat, hutang konsumtif, dan pajak rumah atau kendaraan.

Kemudian kalau semua kewajiban sudah selesai, saatnya mengeluarkan uang untuk hal-hal yang memang dibutuhkan seperti membuatkan dengan keluarga, THR untuk karyawan, dan berkurban.

Nah, jikalau kewajiban dan kebutuhan sudah terpenuhi dan masih ada budget, kamu bisa menghabiskan sisanya untuk memenuhi banyak sekali keinginan, contohnya membeli tiket untuk liburan atau membeli gadget idaman.

Ingat, be a smart shopper! Manfaatkan promo menarik di kampanye Big Ramadan Sale, khususnya hari puncaknya. Hal ini membuat pengeluaran kamu lebih efektif.

Kampanye Big Ramadan Sale tahun ini dengan Promo Terbesar se-Indonesia, tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi pengguna untuk berbelanja. Peluang besar juga terbuka melalui Shopee Affiliate Program. Program ini dapat menjadi salah satu taktik bagi individu yang ingin menambah porsi alokasi keuangan untuk berbelanja.

Dwi Handayani, Influencer/Shopee Affiliate mengatakan, Meskipun biasanya sudah mempunyai jurus jitu mengatur keuangan sendiri, tentunya ada langkah-langkah khusus yang harus dilakukan di bulan Ramadan mengingat peningkatan pengeluaran yang tidak bisa dihindari.

Makanya agar tidak mengganggu cash flow, menurutku penting banget untuk punya penghasilan tambahan agar bisa antisipasi peningkatan pengeluaran yang sulit dihindari, ucapnya.

Ia mengungkapkan, Untungnya waktu lagi diskusi sama salah satu temanku yang juga berkarir sebagai influencer, dia kasih tau aku wacana Shopee Affiliate Program, akhirnya aku iseng coba daftar dan mulai spill Racun Shopee di sosial media meskipun gak rajin, katanya.

Tapi, imbuhnya, sewaktu ia cek komisi yang didapat ternyata bisa sampai puluhan juta! Lumayan banget bisa menambah budget untuk banyak sekali kebutuhan seperti buat belanja bulanan, uang jajan waktu liburan, bahkan menambah tabungan juga.

Sepanjang kampanye Big Ramadan Sale, Shopee telah mempersiapkan beragam penawaran terbaik untuk menemani pengguna serta menjadi solusi bagi pemenuhan kebutuhan di bulan Ramadan. Khususnya pada hari puncak kampanye di 4-6 April mendatang, pengguna dapat dapat menikmati Promo THR Terbesar, seperti:

Flash Sale Akbar Rp1: Nikmati flash sale akbar dan temukan banyak sekali produk menarik dengan harga terbaik hanya 1 Rupiah seperti Mobil Toyota Agya, Emas 5gr, Paket Umroh dan iPhone 14 5x Sehari.

Gratis Ongkir Super Dahsyat: Potongan ongkir 40RB tanpa minimum belanja di setiap jamnya & Gratis Ongkir Rp0 Potongan Pasti 20RB sepanjang hari.

THR Kaget 15M: Isi waktu ngabuburit dengan menonton 15 menit Shopee Video setiap harinya dan menangkan kesempatan meraih THR Kaget 15M dan banyak hadiah lainnya seperti voucher Cashback, ShopeePay, dan masih banyak lagi!

Voucher: Belanja lebih hemat dengan Voucher Diskon 25RB & Cashback s/d 1JT.

Serba Seribu: Pengguna bisa mendapatkan produk-produk dari banyak sekali kategori, mulai dari elektronik, kecantikan, makanan dan minuman dan masih banyak lagi dengan harga terjangkau CUMA RP1.000.

Untuk berita lebih lanjut mengenai Shopee Big Ramadan Sale kunjungi https://shopee.co.id/m/big-ramadan-sale. Unduh software Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store, dan aktifkan ShopeePay untuk pengalaman belanja yang lebih nyaman dan praktis.

Follow Informasi Okezone di Google News

(Wul)

image

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Comments