Bikin Penasaran, Ini Sederet Fakta Tombol Dislike TikTok yang Diluncurkan Baru-Baru Ini

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Bikin Penasaran, Ini Sederet Fakta Tombol Dislike TikTok yang Diluncurkan Baru-Baru Ini

Bikin Penasaran, Ini Sederet Fakta Tombol Dislike TikTok yang Diluncurkan Baru-Baru Ini

KEPONEWS.COM - Bikin Penasaran, Ini Sederet Fakta Tombol Dislike TikTok yang Diluncurkan Baru-Baru Ini Apakah orang yang mendapat dislike akan tahu kalau komentarnya tak disukai? Begini faktanya.Ilustrasi TikTok. (Unsplash/Kon Karampelas) Sosmed TikTok telah mel...

Apakah orang yang mendapat dislike akan tahu kalau komentarnya tak disukai? Begini faktanya.

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/Kon Karampelas)

Sosmed TikTok telah meluncurkan tombol dislike alias 'tidak suka' ke seluruh penggunanya di seluruh dunia. TikTok pertama kali menguji fasilitas ini pada April lalu.

Dilansir dari Techcrunch, tombol dislike TikTok ini menjadi cara baru pengguna untuk mengidentifikasi komentar yang mereka yakini tidak relevan atau tidak pantas.

Penilaian tombol dislike itu tidak bersifat publik. Orang yang komentarnya tak disukai pun tidak tahu bila mereka mendapat dislike.

Komentator maupun pengguna lain juga tidak dapat melihat berapa banyak komentar yang tidak disukai.

Selain itu, pengguna bisa membatalkan pilihan dislike dengan cara mengetuknya sekali lagi.

"Awal tahun ini, kami mulai menguji cara baru agar orang dapat mengidentifikasi komentar yang mereka yakini tidak relevan atau tidak pantas," kata TikTok lewat akun Twitternya.

Ilustrasi TikTok. (Pixabay/konkarampelas)Ilustrasi TikTok. (Pixabay/konkarampelas)

"Setelah beberapa pengujian, kami merilisnya secara global. Kami telah membuatnya sebagai cara baru untuk mendengar feedback langsung dari komunitas kami."

"Ini memungkinkan kami untuk mengidentifikasi komentar yang tidak relevan atau tidak pantas dengan lebih baik, yang membantu kami mengembangkan bagian komentar untuk interaksi yang tulus dan autentik," papar TikTok.

TikTok mengatakan kehadiran fasilitas dislike ini demi menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna.

Ketika TikTok pertama kali mulai menguji tombol, ia memaparkan bahwa tombol dislike ini merupakan cara untuk menandai komentar yang mungkin merupakan spam atau yang tidak masuk akal dalam konteks video yang mereka posting.

Disebutkan bahwa tombol dislike tidak dilihat sebagai cara baru untuk melaporkan komentar.

Artinya, pengguna tetap melaporkan sesuai prosedur sebelumnya bila mereka menemukan komentar seperti pelecehan, ujaran kebencian, bullying, dan lainnya.

Dengan peluncuran dislike, TikTok bergabung dengan beberapa platform digital lain yang mempunyai tombol serupa. Misalnya YouTube yang menunjukkan tombol jempol ke bawah untuk komentar, meskipun jumlahnya tidak bisa dilihat publik.

Sosmed berbentuk forum, Reddit, pun menunjukkan tombol downvote serupa untuk komentar. Tetapi penghitungan total untuk upvotes dan downvotes bersifat publik. Twitter juga mulai menguji tombol downvote pribadi untuk membalas tweet.

(Dicky Prastya)

Comments