Bikin Miyeok-guk yuk, sup ultah khas Korea yang wajib kamu coba

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Bikin Miyeok-guk yuk, sup ultah khas Korea yang wajib kamu coba

Bikin Miyeok-guk yuk, sup ultah khas Korea yang wajib kamu coba

KEPONEWS.COM - Bikin Miyeok-guk yuk, sup ultah khas Korea yang wajib kamu coba Ketika ada yang lagi ulang tahun, apa sih yang biasanya kalian siapin? Cake? Atau bagi orang yang Indonesia banget biasanya bakalan bikin tumpeng nasi kuning.Nah berbeda dengan orang Korea nih, yang p...
Loading...

Ketika ada yang lagi ulang tahun, apa sih yang biasanya kalian siapin? Cake? Atau bagi orang yang Indonesia banget biasanya bakalan bikin tumpeng nasi kuning.

Nah berbeda dengan orang Korea nih, yang punya makanan khas sendiri yang nggak boleh ketinggalan. Sup rumput laut atau Miyeok-guk namanya.

Makanan ini juga sering kok muncul di drama Korea ketika ada salah satu karakter yang berulang tahun, mirip adegan di Reply 1988 di bawah ini.

foto: dramabeans

Mereka punya tradisi bahwa seseorang yang berulang tahun harus makan Miyeok-guk atau sup rumput laut. Tradisi ini berkembang karena kebiasaan wanita hamil mengonsumsi sup rumput laut beberapa bulan menjelang melahirkan dikarenakan sup ini ternyata kaya kandungan gizi yang diharapkan.

Makanan tersebut akhirnya menjadi sebuah memorial untuk mengapresiasi ibu yang sudah mengandung dan melahirkan mereka.

Selain itu, kandungan nutrisi yang tinggi menjadi sebuah perlambang kesehatan dan umur panjang bagi yang berulang tahun. Manfaat kesehatan mirip regulasi metabolisme, pemurnian darah, menyembuhkan sembelit, detoksifikasi, anti-karsinogen, anti penuaan, dan lain sebagainya. Wah banyak banget kan manfaatnya?

Cara bikinnya juga gampang banget lho, bisa kamu tiru. Dilansir dari Koreanbapsang, Senin (16/1), yuk simak di bawah ini buat resepnya, Sobat!

Bahan-bahan:

1 ons rumput laut kering (wakame yang bisa dibeli di supermarket terdekat)
9 ons daging sapi (potong dadu untuk sup)
1 sdt kecap
1 sdm bawang putih yang sudah dihaluskan
2 sdt minyak wijen
Garam dan merica secukupnya
10 gelas air

Cara membuat:

1. Rendam rumput laut kring/wakame selama 30 menit, lebih dari satu jam ialah ukuran yang ideal. Namun tergantung dari seberapa kering rumput laut.

Tiriskan, rendam sekali lagi untuk menghilangkan garam yang menempel di rumput. Tiriskan dan potong-potong sesuai selera.

2. Lumuri potongan daging dengan bawang putih dan merica secukupnya.

3. Panaskan panci dengan api sedang, tuangkan minyak wijen ke dalam panci, masukkan daging dan masak hingga warnanya tak lagi merah.

4. Masukkan rumput laut dan kecap. Aduk hingga merata sekitar 4-5 menit. Tambahkan minyak wijen jikalau mulai lengket di panci.

5. Masukkan air, 1 sdt bawang putih halus, 1/2 sdt garam dan 1 sdt kecap ke dalam panci berisi daging dan rumput laut. Rebus dengan api sedang hingga 30 menit.

6. Sup rumput laut siap disajikan dengan nasi, kinchi, atau makanan pendamping lainnya.

(ton)

Loading...

Comments