Bikin Lidah Makin Bergoyang, Yuk Cobain Wisata Kuliner di 5 Kota Ini!

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Bikin Lidah Makin Bergoyang, Yuk Cobain Wisata Kuliner di 5 Kota Ini!

Bikin Lidah Makin Bergoyang, Yuk Cobain Wisata Kuliner di 5 Kota Ini!

KEPONEWS.COM - Bikin Lidah Makin Bergoyang, Yuk Cobain Wisata Kuliner di 5 Kota Ini! Liburan lebaran kali ini tak hanya bisa dimanfaatkan bagi kamu untuk bertemu dengan sanak saudara, merencakan liburan singkat bersama mereka ternyata bisa juga jadi obat ampuh supaya saat masuk sekola...

Liburan lebaran kali ini tak hanya bisa dimanfaatkan bagi kamu untuk bertemu dengan sanak saudara, merencakan liburan singkat bersama mereka ternyata bisa juga jadi obat ampuh supaya saat masuk sekolah atau kerja nanti pikiran dan tubuh terasa lebih segar.

Liburan seperti itu haruslah dinikmati oleh semua orang, bahkan bagi mereka yang tak mempunyai uang. Namun untungnya, kini banyak tersedia tiket liburan cicilan 0% sehingga kamu bisa pergi liburan tanpa perlu menunggu lama!

Jikalau jalan menuju liburan sudah ditangan, sekarang pikirankanlah liburan seperti apa yang kamu inginkan. Dari segala macam jenis liburan yang ada, wisata masakan alias jalan-jalan sembari merasakan hidangan khas tempat kamu berkunjung bisa jadi pilihan yang tepat dan tentu saja memanjakan lidah serta perut kamu.

Dari sekian banyak tempat wisata masakan yang ada di Indonesia, kota-kota di bawah mungkin bisa jadi pilihan. Apa sajakah itu?

Semarang

Leker Paimo. Leker Paimo. (Tribun Jateng)

Menyambangi Semarang tentu tak lengkap jikalau belum mencoba jajanan pinggir jalannya seperti pentol dan leker Paimo. Di semarang, beragam jenis pentol bisa kamu nikmati. Mulai dari pentol tradisional, pentol pedas, pentol goyang, dan masih banyak lagi.

Selain itu coba juga leker Paimo yang kini sudah sangat terkenal keenakannya. Berbentuk seperti martabak namun lebih tipis, leker yang tersedia dalam varian cokelat hingga sosis mozzarella ini benar-benar bisa menggoyang lidah kamu.

Jangan lupa cicipi masakan khas Semarang lainnya seperti lumpia, bandeng presto, wingko babat, tahu bakso, Es Puter Cong Lik, dan nasi goreng babat.

Medan

Kolase makanan Medan. Kolase makanan Medan. (TribunStyle)

Mulai dari kudapan manis, makanan, hingga buah-buahan, bisa dibilang Medan merupakan surganya masakan. Berwisata ke Medan pastilah membuat kamu ingin merasakan duren khas medan yang berbeda dari duren lainnya, membeli oleh-oleh bika ambon dan bolu gulung meranti untuk keluarga dan sahabat. Sampai menyicipi makanan berat seperti Soto Kesawan Enak Tenan, yakni soto udang berkuah gurih yang sangat menggugah selera; menikmati lontong berkuah santan dengan bihun, telur balado, dan kerupuk merah di Lontong Kak Lin, hingga menjajal Bihun Bebek Asie, yang bisa dibilang memiliki kaldu bebek terenak yang pernah kamu coba!

Pokoknya berwisata masakan di Medan tak akan membuatmu kecewa deh!

Pontianak

Bubur Pedas. Bubur Pedas. (Banjarmasin Post)

Pontianak memang kota istimewa karena dilewati garis katulistiwa. Tapi ternyata Pontianak punya keistimewaan lain, yakni wisata kulinernya! Contohnya menu sarapan Bubur Pedas yang kaya isi dan bumbu seperti teri, kacang, tauge, kangkung, jagung muda, kacang panjang, dan daging ayam.

Selain itu, rasakan juga bakmi kepiting Pontianak, sajian mie istimewa ala Pontianak, serta Kwetiau Apollo, yang terkenal dan jadi menu makanan wajib ketika mengunjungi Pontianak.

Makassar

Semangkok coto Makassar di Warung Coto Gagak milik Jamaluddin Daeng Nassa, di Jl Gagak Makassar. Semangkok coto Makassar di Warung Coto Gagak milik Jamaluddin Daeng Nassa, di Jl Gagak Makassar. (Tribun Timur)

Kota yang terletak di Sulawesi Selatan ini bisa jadi surga dunia bagi kamu pencinta makanan berkuah. Misalnya Coto Makassar yang tepat berkat perpaduan kaldu, daging, dan ketupat; Sop Konro yang merupakan sup iga sapi ala bugis; dan Pallubasa, sajian berkuah parutan kelapa yang berisi jeroan dan daging sapi.

Ketiga masakan tersebut memiliki kuah yang kayak rempah, dan pasti sanggup memuaskan lidah kamu yang kaya rasa.

Mataram

Ayam Taliwang. Ayam Taliwang. (Tribun Yogya)

Ketika berkunjung ke Mataram, sajian ayam taliwang jadi menu utama yang harus kamu coba. Sajian berbahan dasar ayam yang dibakar dengan beragam bumbu-bumbu ini sangatlah enak. Ketika dimakan, daging ayamnya terasa lembut dan semua bumbu-bumbu sangat meresap hingga ke tulang.

Tak hanya itu, coba juga sayur plecing kangkung, dan sate bulayak, yaitu sate daging sapi berlumur bumbu khas Lombok. Selain kulinernya, berwisata di Lombok juga membuat kamu bisa menikmati beragam pantai cantik lho!

Jadi bagimana? Diantara kelima kota di atas manakah yang akan kamu pilih untuk wisata masakan pada liburan lebaran ini? Apakah Semarang? Medan? Pontianak? Mungkin Makassar? Atau Mataram?

Bila sudah menentukan pilihan, jangan lupa segera pesan tiket pesawat supaya liburanmu makin maksimal. Apalagi sekarang ini banyak software untuk pesan tiket yang ada, misalnya seperti Tiket.com.

Lewat software seperti Tiket.com, kamu bisa menentukan tanggal yang tepat dan membandingkan harga tiket yang ada sehingga bisa mendapatkan tiket pesawat murah. Bahkan, pada Tiket.com tersedia juga tiket liburan cicilan 0% yang membuatmu bisa liburan terlebih dahulu walaupun memiliki dana terbatas.

Ayo rencanakan liburan kulinermu sekarang dan nikmati waktu luangmu dengan menyicipi beragam masakan khas di Indonesia yang pastinya enak, mengunggah selera, dan tentunya membuatmu tak menyesal ketikan menyantapnya!

Penulis: Firda Fitri Yanda



Comments