Bikin Geger, Nelayan Ini Tangkap Ikan Raksasa Berumur Puluhan Tahun

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Bikin Geger, Nelayan Ini Tangkap Ikan Raksasa Berumur Puluhan Tahun

Bikin Geger, Nelayan Ini Tangkap Ikan Raksasa Berumur Puluhan Tahun

KEPONEWS.COM - Bikin Geger, Nelayan Ini Tangkap Ikan Raksasa Berumur Puluhan Tahun Kerapu Warsaw mengagetkan netizen setelah mengetahui ukurannya yang begitu besar. (Facebook/ FWC Fish and Wildlife Research Institute) Sebuah postingan yang dibagikan oleh akun resmi Florida Fish and...
Loading...

Kerapu Warsaw mengagetkan netizen setelah mengetahui ukurannya yang begitu besar. (Facebook/ FWC Fish and Wildlife Research Institute)

Sebuah postingan yang dibagikan oleh akun resmi Florida Fish and Wildlife Conservation Commission di Facebook cukup membuat netizen tercengang. Bagaimana tidak, postingan menampakkan ikan raksasa yang berhasil diciduk oleh seorang nelayan.

Postingan berhasil viral di Facebook setelah mendapatkan lebih dari 1.200 Like dan ribuan komentar dari netizen.

Sangat unik dan cukup langka, postingan juga telah dibagikan lebih dari seribu kali.

Ribuan netizen banyak yang penasaran mengenai jenis spesies ikan tersebut mengingat ukurannya yang begitu besar.

Dalam gambar, ukuran panjang ikan raksasa bahkan melebihi tinggi manusia dewasa.

Postingan mengenai penangkapan ikan raksasa ini langsung viral di Facebook. (Facebook/ FWC Fish and Wildlife Research Institute)Postingan mengenai penangkapan ikan raksasa ini langsung viral di Facebook. (Facebook/ FWC Fish and Wildlife Research Institute)

Ternyata, itu merupakan spesies ikan kerapu Warsaw (Hyporthodus nigritus), seekor ikan laut dalam keluarga Serrnidae.

Mereka banyak ditemukan di Teluk Meksiko, Kuba, Trinidad, hingga Brazil.

Ikan raksasa yang ada di gambar berhasil diciduk oleh nelayan di wilayah Teluk Utara Meksiko, perairan lepas pantai Florida, Amerika Serikat yang berbatasan langsung dengan Meksiko.

Kerapu Warsaw ini membuat netizen heboh karena memiliki bobot 159 kilogram. (Facebook/ FWC Fish and Wildlife Research Institute)Kerapu Warsaw ini membuat netizen heboh karena mempunyai bobot 159 kilogram. (Facebook/ FWC Fish and Wildlife Research Institute)

IUCN mengklasifikasikan Hyporthodus nigritus sebagai spesies yang masuk kategori Near Threatened atau Mendekati Terancam sementara American Fisheries Society memasukkan ikan ini sebagai Terancam Punah.

Sebenarnya kerapu Warsaw tidak direkomendasikan untuk diciduk di laut lepas, namun karena nelayan ini menyerahkan kepada ilmuwan untuk penelitian, hal tersebut boleh dilakukan.

Dikutip dari NBC South Florida, Florida Fish and Wildlife Conservation Commission (FWC) menyatakan bahwa kerapu Warsaw yang diciduk oleh nelayan mempunyai panjang 7,5 kaki atau 2,3 meter dengan berat sekitar 159 kilogram.

Ahli biologi di FWC memperkirakan bahwa usia ikan tersebut sekitar 50 tahun.

Ahli biologi menjelaskan bahwa kerapu Warsaw ini berusia sekitar 50 tahun. (Facebook/ FWC Fish and Wildlife Research Institute)Ahli biologi memaparkan bahwa kerapu Warsaw ini berusia sekitar 50 tahun. (Facebook/ FWC Fish and Wildlife Research Institute)

"Ahli biologi kami memperkirakan bahwa ikan ini berusia 50 tahun dan menjadikannya sebagai sampel tertua yang dikumpulkan oleh program penelitian kita," kata FWC dalam keterangan resminya.

Kerapu Warsaw terkenal karena morfologi duri punggung mereka. Warsaw merupakan satu-satunya kerapu di dunia dengan 10 duri punggung.

Ikan raksasa tersebut sering ditemukan pada kedalaman 55 hingga 525 meter sehingga nelayan itu benar-benar beruntung saat mendapatkannya.

Comments