Bikin Berbelok Makin Aman, Honda Lengkapi WR-V dengan LaneWatch Camera, Ini Fungsinya

Otomotif

News / Otomotif

Bikin Berbelok Makin Aman, Honda Lengkapi WR-V dengan LaneWatch Camera, Ini Fungsinya

Bikin Berbelok Makin Aman, Honda Lengkapi WR-V dengan LaneWatch Camera, Ini Fungsinya

KEPONEWS.COM - Bikin Berbelok Makin Aman, Honda Lengkapi WR-V dengan LaneWatch Camera, Ini Fungsinya Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani BALI - Honda melengkapi SUV Compact WR-V dengan teknologi keamanan canggih Honda Sensing untuk tipe tertinggi. Honda Sensing merupakan teknologi keselamatan...

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

BALI - Honda melengkapi SUV Compact WR-V dengan teknologi keamanan canggih Honda Sensing untuk tipe tertinggi.

Honda Sensing merupakan teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan komprehensif bagi pengemudi dan penumpang dengan cara memberikan peringatan hingga secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Asst. Large Project Leader Engineering Design Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. (HRAP) Werawur Buadinprai, mengatakan Honda WR-V dirancang dengan sistem keamanan terdepan dengan Honda Sensing dan banyak sekali fasilitas keselamatan pasif untuk menghadirkan keselamatan berkendara bukan hanya untuk penggunanya namun juga untuk pengguna jalan yang lain.

Honda Mulai Produksi Massal WR-V di Pabrik Karawang

"Fasilitas-fitur Honda Sensing yang terdapat pada Honda WR-V yang pertama merupakan Collision Mitigation Braking System (CMBS) merupakan sistem kamera dan perangkat lunak yang memungkinkan penggunaan CMBS dalam lebih banyak situasi seperti mendeteksi pejalan kaki, sepeda dan sepeda motor," tutur Buadinprai dalam jumpa pers, Senin (19/12/2022).

Kemudian Honda WR-V mempunyai Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow yang membantu pengendara untuk mengatur kecepatan yang diinginkan dan membuat kendaraan mengikuti mobil yang ada di depannya, sehingga memungkinkan penggunaan cruise control pada kondisi jalanan yang cukup lenggang.

Saat dibutuhkan, kendaraan dapat melakukan pengereman otomatis memakai modulator Vehicle Stability Assist (VSA).

Dengan didukung sistem Low-Speed Follow (LSF), kemampuan untuk mengikuti kendaraan di depan secara otomatis dapat ditingkatkan terutama di tengah jalanan macet dimana kecepatan menurun hingga 0 km/jam.

Honda WR-V juga dilengkapi Lane Keeping Assist System (LKAS) dimana sistem ini mengurangi beban pengemudi dengan menyokong pengoperasian kemudi agar tetap mengemudi di tengah lajur saat berkendara di jalan raya.

Harga Honda WR-V, Mobil Terbaru yang Dibanderol Mulai Rp 270 Jutaan

Kalau sistem mendeteksi bahwa kendaraan tampaknya meninggalkan jalur, sistem akan memberi peringatan dengan getaran roda kemudi dan peringatan tampilan audio dan multi-informasi. LKAS aktif saat kendaraan bergerak dengan kecepatan 72 km/jam atau lebih.

Selanjutnya Road Departure Mitigation System (RDM), sistem ini menyokong pengoperasian kemudi saat kendaraan akan menyimpang dari jalur.

Ketika kendaraan kemungkinan akan menyimpang dari jalur tanpa tanda belok, getaran kemudi dan peringatan visual akan menyala.

Selain itu, sistem ini menyokong pengoperasian kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada di jalur sebelum tergelincir.

Produksi Hanya 1.700 Unit Hingga Akhir 2022, Pesan Honda WR-V Sekarang Unit Dikirim Akhir Tahun

RDM bergerak pada 72 km/jam atau lebih ketika kendaraan berangkat dari jalan atau sistem memprediksi bahwa kendaraan akan keluar dari jalur.

Yang paling menarik, sekaligus membuat aman saat berkendara maupun berbelok di jalanan padat dan sempit, WR-V dilengkapi fasilitas LaneWatch Camera.

Honda LaneWatch Camera, merupakan kamera kecil yang terdapat pada kaca spion sisi penumpang dimana dapat diaktifkan secara manual atau otomatis saat pengemudi memberi isyarat berbelok.

Video langsung muncul pada head unit, sehingga memberikan pengemudi pemandangan blind spot yang lebih luas.

Pengunjung melihat Honda WR-V yang untuk pertama kalinya dipamerkan di Jawa Barat oleh Honda Bandung Center (HBC) bertitelPengunjung melihat Honda WR-V yang untuk pertama kalinya dipamerkan di Jawa Barat oleh Honda Bandung Center (HBC) bertitel "Wheels to Win", di Plaza Trans Studi Mall (TSM), Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/11/2022). Honda WR-V merupakan produk pertama Honda untuk segmen small SUV di Indonesia yang memadukan karakter khas SUV Honda yang mempunyai performa dan teknologi terdepan dengan desain lebih compact dan sporty. Mobil berkapasitas tempat duduk 5 kursi ini dibandrol dengan harga tertinggi Rp 310 juta dilengkapi dengan Honda Sensing (on the road wilayah Jawa Barat). Sementara itu, Honda Bandung Center menargetkan penjualan Honda WR-V periode Desember 2022 hingga Februari 2023 sebanyak 400 unit. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI)

Selanjutnya, Honda WR-V mempunyai Auto High-Beam (AHB) yang membantu memastikan visibilitas pengemudi yang baik dengan beralih antara low beam dan high beam secara otomatis saat pengemudi mengemudikan mobil di malam hari.

Ada pula Lead Car Departure Notification System (LCDN) Sistem memberi tahu pengemudi jikalau mobil di depan mulai berhenti perlahan.

Comments