Biden dan Putin akan Adakan Pertemuan Puncak di Swiss pada 16 Juni 2021

Internasional

News / Internasional

Biden dan Putin akan Adakan Pertemuan Puncak di Swiss pada 16 Juni 2021

Biden dan Putin akan Adakan Pertemuan Puncak di Swiss pada 16 Juni 2021

KEPONEWS.COM - Biden dan Putin akan Adakan Pertemuan Puncak di Swiss pada 16 Juni 2021 Gedung Putih dan Kremlin mengumumkan pada Selasa (25/5/2021) bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengadakan pertemuan puncak yang telah lama dinantikan...

Gedung Putih dan Kremlin mengumumkan pada Selasa (25/5/2021) bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengadakan pertemuan puncak yang telah lama dinantikan di Jenewa, Swiss, pada 16 Juni 2021.

Melansir Al Jazeera, pertemuan dua pemimpin negara tersebut menandai pertemuan pertama antara kedua pemimpin semenjak Biden menjadi presiden pada Januari 2021.

"Para pemimpin akan membahas banyak sekali masalah mendesak, karena kami berusaha memulihkan prediktabilitas dan stabilitas hubungan AS-Rusia," kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki, dalam sebuah pernyataan.

Joe Biden Didesak 500 Lebih Anggota Demokrat dan Tim Sukses Pilpres untuk Hukum Israel

Soal Senjata Nuklir Korea Utara, Biden Peringatkan Takkan Beri Pengakuan Internasional seperti Trump

Presiden AS Joe Biden berjalan ke Marine One di Ellipse di luar Gedung Putih 22 Mei 2021, di Washington, DC.Presiden AS Joe Biden berjalan ke Marine One di Ellipse di luar Gedung Putih 22 Mei 2021, di Washington, DC. (Brendan Smialowski / AFP)

Psaki kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa Biden juga berencana untuk membahas pendaratan paksa Belarusia dari sebuah pesawat komersial dan penangkapan seorang aktivis oposisi minggu ini, meskipun dia menambahkan "kami tidak mempunyai keyakinan" bahwa Rusia memainkan peran dalam insiden itu.

Kremlin mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kedua pemimpin akan membahas hubungan bilateral, masalah terkait stabilitas nuklir strategis, dan masalah lain termasuk kerja sama dalam perang melawan Covid-19 serta konflik regional.

Biden sebelumnya mengatakan dia ingin Putin berhenti mencoba mempengaruhi pemilihan AS, menghentikan serangan dunia maya pada jaringan AS yang berasal dari Rusia, berhenti mengancam kedaulatan Ukraina dan membebaskan kritikus Kremlin Alexei Navalny yang dipenjara .

Joe Biden Janjikan Dukungan Militer bagi Israel dan Bantuan Kemanusiaan ke Jalur Gaza

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki berbicara selama konferensi pers harian di Gedung Putih pada 26 April 2021 di Washington, DC. Presiden Joe Biden dijadwalkan menyampaikan pidato pertamanya pada sidang gabungan Kongres Rabu malam ini.Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki berbicara selama konferensi pers harian di Gedung Putih pada 26 April 2021 di Washington, DC. Presiden Joe Biden dijadwalkan memberikan pidato pertamanya pada sidang gabungan Kongres Rabu malam ini. (Drew Angerer / Getty Images / AFP)

Menurunkan ekspektasi

Awal bulan ini, kantor informasi Reuters melaporkan bahwa kedua negara menurunkan ekspektasi untuk terobosan besar di KTT negara adidaya, dengan tidak ada yang berminat untuk membuat konsesi atas ketidaksepakatan pahit mereka.

Gedung Putih juga berhati-hati dalam menggambarkan Biden sebagai upaya "pengaturan ulang" dalam hubungan dengan Putin dan para pejabat AS melihat pertemuan tatap muka sebagai kesempatan untuk menyeimbangkan kembali hubungan jauh dari apa yang mereka lihat sebagai tawaran menjilat mantan Presiden Donald Trump ke Putin.

Para pejabat Rusia mengatakan kepada Reuters bahwa mereka melihat KTT itu sebagai kesempatan untuk mendengar dari Biden secara langsung, setelah apa yang dikatakan sumber yang dekat dengan pemerintah Rusia merupakan pesan yang beragam dari pemerintahan AS yang baru.

Comments