Bicarakan Kesehatan Mental, Marshanda: ke Psikiater Bukan Tanda Lemah

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Bicarakan Kesehatan Mental, Marshanda: ke Psikiater Bukan Tanda Lemah

Bicarakan Kesehatan Mental, Marshanda: ke Psikiater Bukan Tanda Lemah

KEPONEWS.COM - Bicarakan Kesehatan Mental, Marshanda: ke Psikiater Bukan Tanda Lemah Pernah mempunyai masalah kesehatan mental membuat artis Marshanda sangat memerhatikan hal tersebut dan sering membagikan pengalamannya kepada masyarakat. Lewat akun sosmed pribadinya, ia kerap memberi...

Pernah mempunyai masalah kesehatan mental membuat artis Marshanda sangat memerhatikan hal tersebut dan sering membagikan pengalamannya kepada masyarakat. Lewat akun sosmed pribadinya, ia kerap memberikan saran atau membicarakan perihal kesehatan mental. Salah satunya perihal berkunjung ke psikiater.

Beberapa hari lalu, ibu satu anak itu mengunggah video ke IG TV akun @marshanda99 yang berjudul Merasa Perlu ke Psikiater? Watch This!!! . Dalam video berdurasi kurang lebih 6 menit itu, Marshanda mengatakan jikalau beberapa hari lalu dirinya mendapatkan Direct Message (DM) dari seorang ibu yang membuat dirinya sempat merasa takut. Ibu tersebut menceritakan kalau dia merasa mempunyai masalah dengan dirinya sendiri.

Perempuan berbaju batik

Ibu tersebut seringkali berpikir untuk pergi ke psikiater karena merasa butuh bantuan untuk mengatasi masalahnya. Namun ia selalu merasa ragu dan menunda sehingga tak kunjung berkonsultasi ke psikiater. Hal itu berdampak pada dirinya yang berungkali mencoba bunuh diri dengan banyak sekali cara. Mulai dari minum obat nyamuk, melakukan hal-hal yang menyakiti diri sendiri, hingga menyakiti anaknya yang masih berusia 2,5 tahun.

Jujur ketika membaca DM itu aku panik, aku ngerasa kayak (tidak bisa berkata-kata), karena aku punya pengalaman berada dalam abusive relationship ketika aku masih kecil. Not physically, pengalaman abusive aku tidak pernah disakiti secara fisik tapi aku pernah mengalami mental abuse, terang Marshanda seperti yang Okezone kutip, Minggu (26/5/2019).

Perempuan kelahiran 10 Agustus 1989 itu merasa cerita di DM seakan membangkitkan stress berat masa kecilnya. Hal itu membuat Marshanda merasa takut lantaran tidak bisa membayangkan seorang anak kecil mengalami penyiksaan fisik dari orangtuanya. Oleh karenanya, ia berharap ibu tersebut segera ke psikiater.

Kalau kamu merasa butuh bantuan itu benar. Kalau kamu merasa kamu ragu dan menunda-nunda untuk ketemu psikiater, lakukan itu sekarang. Cari siapapun psikiaternya, kamu bisa telepon teman-teman yang punya kenalan atau googling, apapun itu just do it, tegas Marshanda.

Dirinya meminta agar ibu tersebut membuat janji untuk bertemu dengan psikiater dan berkonsultasi. Marshanda juga mengingatkan bila pergi ke psikiater bukan menandakan seseorang mempunyai masalah. Memang banyak stigma yang menganggap kalau hanya orang-orang bermasalah, aneh, atau bahkan kurang waras yang pergi ke psikiater.

Comments