Biar Nggak Bingung, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Solo yang Wajib Dicoba

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Biar Nggak Bingung, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Solo yang Wajib Dicoba

Biar Nggak Bingung, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Solo yang Wajib Dicoba

KEPONEWS.COM - Biar Nggak Bingung, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Solo yang Wajib Dicoba Bukan hanya destinasi wisatanya saja yang dikenal indah, masakan Solo ada baiknya tidak Kamu lewatkan begitu saja....

Bukan hanya destinasi wisatanya saja yang dikenal indah, masakan Solo ada baiknya tidak Kamu lewatkan begitu saja.

Rasanya yang khas dan harganya dikenal murah meriah, membuat masakan Solo kerap dirindukan oleh banyak orang.

Tak heran, banyak wisatawan dari luar kota rela datang jauh-jauh demi merasakan banyak sekali macam masakan khas Solo nan menggugah selera.

Bahkan, beberapa masakan Solo ini sudah semenjak lama menjadi langganan para pejabat salah satunya adalah Presiden Joko Widodo.

Diprediksi akan Diguyur Hujan, Ini Prakiraan Cuaca di Solo Raya

Untuk lebih lengkapnya, yuk intip 10 rekomendasi masakan Solo dari laman Keepo.me---Jaringan Suara.com berikut ini.

1. Timlo Sastro

Timlo Sastro bisa jadi masakan Solo saat Lebaran yang wajib dicoba. Makanan khas Solo ini jarang ditemukan di daerah lain. Mumpung lagi ada di kota ini, jangan lupa sempatkan mampir dan mencoba seporsi Timlo dengan potongan hati ampela, sosis solo dan juga telur pindang.

Lokasinya berada di Pasar Gedhe Solo dan sudah ada semenjak 1952. Harganya nggak terlalu mahal dan masih sangat terjangkau. Warung ini buka mulai pukul 06:30 hingga 15:30.

2. Selat Solo Mbak Lies

Menhub Puji Kerjasama Jateng dan Solo: Ini Jadi Contoh Pembangunan Daerah Lain

Menjelajahi masakan Solo, kurang lengkap kalau kamu belum mencoba Selat Solo. Salah satu yang paling populer merupakan Warung Selat Solo Mbak Lies. Terletak di Jalan Veteran, Serengan, warung makan ini selalu ramai pengunjung.

Menu utamanya sudah pasti merupakan Selat Solo yang terdiri dari daging sapi, kentang goreng, sayur rebus, dan disiram kuah manis. Rasanya nggak usah diragukan lagi karena masih betahan dari 1985. Kamu bisa mampir ke sana mulai jam 8 pagi hingga 5 sore.

3. Tengkleng Klewer Bu Edi

Tengkleng Klewer Bu Edi, kuliner legendaris di Solo. (Instagram/@shellarv)Tengkleng Klewer Bu Edi, masakan legendaris di Solo. (Instagram/@shellarv)

Masakan Solo paling populer lainnya merupakan Tengkleng Bu Edi. Warung makan ini berada di Pasar Klewer, tepatnya di bagian utara gapura. Tengkleng ialah olahan daging dan balungan kambing yang rasanya mirip gulai.

Zaman dulu, tengkleng identik dengan makanan orang miskin karena isinya lebih banyak tulang. Namun sekarang, banyak yang menyukai menu ini nggak melihat kaya maupun miskin. Sudah ada semenjak 1971, Tengkleng Bu Edi hanya buka 3 jam saja semenjak pukul 13.00.

4. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman ialah masakan legendaris Solo yang sering dijadikan oleh-oleh. Terletak di Jalan Mohammad Yamin, warung serabi ini sudah ada semenjak 1923. Cara masaknya masih seperti dulu dengan memakai wajan kuali dan tungku.

Meski sudah ada banyak cabang, tapi para pelancong lebih suka mampir ke Serabi Notosuman pusat. Ada banyak rasa yang ditawarkan seperti original, keju, dan juga coklat. Kamu bisa membeli beberapa rasa sekaligus jikalau ingin merasakan semuanya.

5. Soto Gading

Soto Gading di Solo,, favorit Presiden Joko Widodo. (Instagram/@budionodarsono)Soto Gading di Solo,, favorit Presiden Joko Widodo. (Instagram/@budionodarsono)

Sarapan paling nikmat dengan yang segar, seperti soto ayam. Jikalau sedang berada di daerah Gading Kidul, jangan lupa untuk menyantap Soto Gading. Soto ayam paling terkenal di kota Solo ini sudah ada semenjak 1974.

Bedanya dengan soto ayam lain ialah kuahnya yang lebih kental dan berwarna bening. Masalah rasa, nggak perlu diragukan lagi karena sudah terkenal enak dan gurih. Ditambah lauk sate, jeroan, empal, tempe dan perkedel, makin mak nyus.

Banyak pejabat yang pernah berkunjung ke warung ini, seperti Presiden Joko Widodo, Megawati dan Agum Gumelar. Meski begitu, harganya tetap merakyat. Untuk satu porsi soto, kamu hanya perlu membayar 10 ribu. Warung makan ini terletak di Jalan Brigjen Sudiarto No 75 dan buka pada pukul 5 hingga 15:30.

Comments