Biar Mesin Nggak Gampang Mogok, Lakukan 3 Hal Ini untuk Oli Kamu!

Otomotif

News / Otomotif

Biar Mesin Nggak Gampang Mogok, Lakukan 3 Hal Ini untuk Oli Kamu!

Biar Mesin Nggak Gampang Mogok, Lakukan 3 Hal Ini untuk Oli Kamu!

KEPONEWS.COM - Biar Mesin Nggak Gampang Mogok, Lakukan 3 Hal Ini untuk Oli Kamu! Oli merupakan komponen penting bagi kendaraan agar mesin tetap awet dan bekerja maksimal. Oli merekatkan antar komponen dan membantu melumasi mengurangi gesekan yang terjadi dalam komponen mesin. Keha...

Oli merupakan komponen penting bagi kendaraan agar mesin tetap awet dan bekerja maksimal. Oli merekatkan antar komponen dan membantu melumasi mengurangi gesekan yang terjadi dalam komponen mesin.

Kehabisan oli membuat gesekan pada komponen kendaraan jadi kian besar. Akibatnya, mesin jadi panas, bahkan berpotensi overheat, hingga akhirnya motor tidak dapat dinyalakan alias mogok.

Nah, untuk mencegah mesin motor mogok tiba-tiba gara-gara oli, berikut ini 3 hal PENTING yang perlu kamu lakukan untuk merawat oli dan mesin motor.

Pilih oli sesuai kebutuhan mesin motor

Melansir Kompas, penggunaan oli mesin yang tidak sesuai dengan karakteristik mesin akan mengakibatkan performa mesin menurun hingga merusak bagian komponen-komponennya.

Ada dua jenis oli yang dijual di pasaran, yaitu oli mesin untuk motor bertransmisi manual dan sport serta oli untuk motor bertransmisi otomatis/matic. Kedua jenis oli ini dibedakan dengan kode JASO (Japan Automobile Standard Organization).

Ada pula kode SAE (Society of Automotive Engineer) yang mengidentifikasi kekentalan oli. Untuk motor, kode kekentalan SAE umumnya ialah SAE 10W30.

Khusus untuk motor matic biasanya memakai oli motor dengan kode JASO MB. Sementara itu, oli motor manual dan sport menampilkan kode JASO MA.

Ganti oli secara teratur

Kalau belum diganti dalam waktu lama, oli bisa menjadi pekat hingga membuat kinerja mesin makin berat. Gesekan mesin akan kian besar dan meicu mesin jebol karena terlalu panas. Alhasil, motor akan sering mogok.

Pengguna motor disarankan mengganti oli secara terencana. Idealnya, tanda oli motor rata-rata diganti setelah jarak tempuhnya lebih dari 5.000 kilometer.

Penggantian oli juga dapat berdasarkan jarak tempuh harian. Untuk jarak tempuh sekitar 20-50 km sehari, penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap satu setengah bulan. Di atas 50 km sehari, sebaiknya ganti oli 1 bulan sekali.

Gunakan BBM oktan tinggi

Masih melansir Kompas, bahan bakar dengan oktan atau Research Octane Number (RON) yang lebih tinggi juga dapat merawat performa mesin karena dapat menghasilkan pembakaran lebih tepat. Potensi timbunan kerak di ruang bakar dapat lebih diminimalisasi.

Tak hanya itu, mengutip Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung Tri Yuswidjadjanto Zaenuri, penggunaan bensin beroktan tinggi pada mesin dengan kompresi rendah berpotensi menyebabkan fuel dilution, adalah bercampurnya oli dengan bensin.

Hal ini dapat menyebabkan oli jadi encer serta mengalami perubahan warna dan aroma. Alhasil, oli tidak dapat melumasi setiap komponen di ruang mesin dengan tepat.

Dengan kata lain, oli tak bisa melindungi gesekan antar komponen dalam mesin, sehingga komponen yang tidak terlumasi dengan baik dapat rusak.

Mengapa BBM oktan tinggi membuat mesin lebih awet?

Sebagai berita, bahan bakar dengan jenis oktan tinggi disebut-sebut dapat membuat komponen kendaraan berumur panjang. Performa mesin akan lebih terjaga dan jarak tempuh pun jadi lebih jauh karena pembakaran mesin motor yang lebih tepat.

Selain itu, BBM beroktan tinggi juga membuat performa mesin lebih enteng karena tidak adanya kerak-kerak sisa pembakaran.

Secara teknis, bensin dengan nilai oktan tinggi seperti RON 92 memang lebih irit dibandingkan bensin bernilai oktan 88 atau 90.

Terlebih, makin kecil RON, makin mudah pula cairan bensin untuk terbakar. Dengan begitu, pembakaran bensin dengan kadar oktan 92 lebih efektif dibandingkan dengan RON 88 dan 90.

Keuntungan lain memakai bensin RON 92 ialah pembakarannya yang lebih tepat, alasannya adalah baru terbakar setelah bensin bersentuhan dengan busi. Hal ini sekaligus membuat silinder kendaraan jadi bersih.

Tak kalah penting, memakai bensin RON 92 juga membuat mesin kendaraan terasa lebih ringan karena tidak adanya kerak sisa pembakaran bensin, atau sering disebut residu, yang menempel di sekitar silinder.

Selain memberikan memberikan performa yang lebih baik bagi mesin motor, BBM RON tinggi juga berpengaruh bagi kualitas lingkungan karena mempunyai kadar emisi gas yang lebih rendah.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan BBM dengan oktan tinggi untuk menjaga performa mesin motor dan membuat mesin awet, kini kamu dapat mengunjungi Mobil POM Mikro.

Mobil POM Mikro menyediakan bahan bakar berbobot untuk kendaraan Kamu dengan RON tinggi, adalah 92. Secara teknis, bensin dengan nilai oktan tinggi seperti RON 92 memang lebih irit dibandingkan bensin bernilai oktan 88 atau 90.

Tak hanya muncul sebagai stasiun pengisian bahan bakar berbobot, Mobil POM Mikro juga menyediakan layanan pemeriksaan oli motor, pemeriksaan ban, dan ganti gear set untuk para pengendara.

Untuk performa mesin yang maksimal, kamu dapat mengganti oli motor secara rajin dengan Oli Mobil saat lakukan pemeriksaan oli.

Oli Mobil .Oli Mobil . (www.mobil.co.id)

Oli Mobil merupakan oli motor terbaik yang bekerja tidak hanya melindungi mesin, tetapi juga menjaga performa tinggi sepanjang usia mesin. Melalui rangkaian oli motor yang memakai teknologi sintetik, apa pun jenis sepeda motornya, Oli Mobil akan selalu setia menyuguhkan performa terbaik.

Jangan cemas motor mogok mendadak, karena Oli Mobil siap lindungi mesin motor kamu sepenuh hati. Yuk, segera beralih ke Oli Mobil untuk performa yang lebih tangguh!

Berita lebih lanjut mengenai Mobil POM Mikro bisa mengunjungi situs berikut ini.

Penulis: Muh. Fitrah Habibullah | Editor: Bardjan

Comments