Biar Cepat Langsing, 7 Trik ''Menipu'' Otak agar Keinginan Makan Berlebihan Pergi

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Biar Cepat Langsing, 7 Trik ''Menipu'' Otak agar Keinginan Makan Berlebihan Pergi

Biar Cepat Langsing, 7 Trik ''Menipu'' Otak agar Keinginan Makan Berlebihan Pergi

KEPONEWS.COM - Biar Cepat Langsing, 7 Trik ''Menipu'' Otak agar Keinginan Makan Berlebihan Pergi MENGURANGI porsi makan ialah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tidak jarang orang mengalami kesulitan di masa-masa awal mencoba cara ini. Biasanya mereka cepat merasa l...

MENGURANGI porsi makan ialah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tidak jarang orang mengalami kesulitan di masa-masa awal mencoba cara ini. Biasanya mereka cepat merasa lapar karena makan dengan porsi yang berbeda. Rasa lapar itulah yang mendorong keinginan untuk kembali makan.

Untuk menyiasati cara ini bisa dilakukan sejumlah trik untuk menipu otak. Mulai dari bentuk, ukuran, dan warna alat makan hingga menyetel musik. Konsep ini diungkapkan oleh seorang profesor psikologi, Oxford Charles Spence, PhD. Menurutnya, gastrofisika bisa memainkan peran kuat mengenai apa dan berapa banyak porsi yang kita makan.

Dilansir dari Health, Kamis (10/8/2017), inilah 7 cara yang bisa dilakukan agar berhasil menerapkan porsi makan lebih sedikit;

Kurangi jumlah gula pada makanan penutup dan sajikan di atas piring berwarna putih

Ternyata, pemilihan warna piring berpengaruh terhadap perilaku makan yang tidak sehat. Menurut sebuah penelitian, penyajian makanan di atas piring putih membuat seolah-olah makanan menjadi lebih manis. Untuk itu, makanan yang kurang manis apabila diletakkan di atas piring putih tetap terasa manis. Cara ini tentunya berguna pada pembatasan konsumsi gula.

(Dahsyatnya Manfaat Makan Timun Setiap Hari bagi Tubuh)

Letakkan cemilan di atas piring merah

Ketika keinginan untuk makan lagi muncul, biasanya orang cenderung memilih memakan cemilan asin yang renyah. Padahal itu membuat usaha menurunkan berat badan menjadi sia-sia. Untuk menyiasatinya, coba letakkan cemilan di atas piring berwarna merah. Merah merupakan tanda untuk berhenti. Mengambil makanan dari piring berwarna merah secara tidak sadar berbicara kepada otak untuk berhenti makan.

(Waduh, Tingkat Konsumsi Susu Orang Indonesia Masih Rendah, Kalah Jauh dari Singapura dan Malaysia!)

Meletakkan piring atau mangkuk di tangan

Porsi makan yang lebih sedikit memang akan membuat lapar. Tapi cobalah pegang piring atau mangkuk yang berisi makanan menggunakan tangan. Walaupun porsinya lebih sedikit, cara ini bisa memberikan isyarat ke otak bahwa makanan yang dikonsumsi sudah cukup mengenyangkan.

(Ingin Langsing? Konsumsi 8 Makanan Ini Anda Meningkatkan Metabolisme Tubuh)

Fokus pada makanan

Sebelum makan, hiruplah terlebih dahulu aroma menu makanan. Lalu, fokuskan kegiatan hanya pada makan bukan aktivitas lain apalagi menonton TV. Semakin fokus Anda terhadap makanan, otak bisa berbicara bahwa makanan yang Anda konsumsi sudah cukup sehingga tidak perlu menambahnya.

(5 Makanan Bebas Lemak untuk Kecilkan Perut)

Membayangkan makanan yang ingin dikonsumsi

Ketika rasa lapar datang, pasti sudah terlintas di benak Anda makanan apa yang inginkan. Cobalah bayangkan terlebih dahulu bagaimana rasanya kalau Anda memakan makanan itu. Sebuah penelitian mengungkapkan hanya dengan membayangkan saja bisa mengurangi keinginan Anda untuk benar-benar menyantap makanan itu.

Pasang musik bertempo pelan dengan suara keras

Menurut Spence, musik yang lebih lamban membuat Anda makan dengan lebih perlahan. Sehingga walaupun makan dengan porsi sedikit, Anda tetap merasa kenyang. Selain itu, volume musik yang lbih keras membuat Anda memiliki keinginan untuk tidak merasakan makanan lain.

Tambahkan kata manis dalam hidangan penutup

Setelah mengonsumsi makanan utama, beberapa orang memilih untuk makan hidangan penutup. Bila Anda termasuk orang seperti itu, cobalah gunakan kata manis di hidangan penutup. Contoh, makanan penutupnya merupakan puding. Sebelum dimakan, coba katakana, puding manis . Menurut Spence, cara itu terbukti agar Anda makan lebih sedikit makanan penutup.

Biar Cepat Langsing, 7 Trik ''Menipu'' Otak agar Keinginan Makan Berlebihan Pergi

Comments