BI Soroti Lesunya Ekonomi China hingga India

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

BI Soroti Lesunya Ekonomi China hingga India

BI Soroti Lesunya Ekonomi China hingga India

KEPONEWS.COM - BI Soroti Lesunya Ekonomi China hingga India JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan, berlanjutnya ketegangan hubungan dagang dan sejumlah risiko geopolitik makin menekan volume perdagangan dan pertumbuhan ekonomi dunia. Gonjang-ganjing Ekonom...

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan, berlanjutnya ketegangan hubungan dagang dan sejumlah risiko geopolitik makin menekan volume perdagangan dan pertumbuhan ekonomi dunia.

Gonjang-ganjing Ekonomi Global Jadi Alasan Kuat BI Turunkan Suku Bunga

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, perekonomian AS tumbuh melambat karena menurunnya ekspor dan juga investasi nonresidensial. Pertumbuhan ekonomi Eropa, Jepang, Tiongkok dan India juga lebih rendah dipengaruhi penurunan kinerja sektor eksternal serta permintaan domestik.

"Pelemahan ekonomi global terus menekan harga komoditas, termasuk harga minyak," ujar Perry dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (22/8/2019)

Lagi, BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 5,50%

Perry menambahkan, untuk merespons dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi tersebut, banyak sekali negara melakukan stimulus fiskal dan memperlonggar kebijakan moneter, termasuk bank sentral AS yang pada Juli 2019 telah menurunkan suku bunga kebijakannya.

Ketidakpastian pasar keuangan global juga berlanjut dan mendorong pergeseran penempatan dana global ke aset yang dianggap aman seperti obligasi pemerintah AS dan Jepang, serta komoditas emas.

"Dinamika ekonomi global tersebut perlu dipertimbangkan dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga arus masuk modal asing sebagai penopang stabilitas eksternal," katanya.

BI Turunkan Suku Bunga

(dni)

Comments