BI Masih Buka Peluang Penurunan Suku Bunga Acuan

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

BI Masih Buka Peluang Penurunan Suku Bunga Acuan

BI Masih Buka Peluang Penurunan Suku Bunga Acuan

KEPONEWS.COM - BI Masih Buka Peluang Penurunan Suku Bunga Acuan JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memutuskan memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75% pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI. Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan, Bank Sentral mas...

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memutuskan memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75% pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI. Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan, Bank Sentral masih membuka peluang untuk penurunan kembali suku bunga acuan ke depannya.

Dia memaparkan, peluang penurunan itu melalui kebijakan moneter yang akomodatif. Salah satu kebijakan moneter tersebut itu adalah lewat suku bunga acuan.

Suku Bunga BI Turun Akhir dari Kebijakan Ketat Bank Sentral

"Ke depan BI memandang masih terbuka ruang bagi kebijakan moneter yang akomodatif ke depannya. Akomodatif itu lewat pengenduran likuiditas dan penurunan suku bunga," ujar Perry di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Perry Warjiyo

Menurutnya, peluang penurunan suku bunga acuan terbuka didorong rendahnya tingkat inflasi dan keinginan mendorong pertumbuhan ekonomi. Kata dia, BI ke depan akan terus memperhatikan perkembangan ekonomi global dan domestik dalam RDG bulan-bulan selanjutnya.

Ini Alasan BI Berani Turunkan Suku Bunga Jadi 5,75%

Meski demikian, Perry menekankan, Bank Sentral tak mengedepankan penurunan suku bunga acuan sebagai instrumen utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Alasannya adalah, dapat dilakukan juga dengan pelonggaran likuiditas.

(rzy)

Comments