Besok, Jokowi Panggil Dirut Pertamina Bahas Harga Avtur

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Besok, Jokowi Panggil Dirut Pertamina Bahas Harga Avtur

Besok, Jokowi Panggil Dirut Pertamina Bahas Harga Avtur

KEPONEWS.COM - Besok, Jokowi Panggil Dirut Pertamina Bahas Harga Avtur JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku baru mengetahui bahwa Pertamina merupakan perusahaan yang memonopoli harga avtur, saat menghadiri acara Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)....

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku baru mengetahui bahwa Pertamina merupakan perusahaan yang memonopoli harga avtur, saat menghadiri acara Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Ia pun berencana memanggil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, untuk meminta kejelasan soal harga avtur di dalam negeri.

"Besok pagi saya akan undang Dirut Pertamina," ujar Jokowi dalam acara gala dinner PHRI di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Kepala Negara mengaku akan memberikan dua pilihan kepada Pertamina. Pertama, ia ingin meminta perusahaan minyak dan gas milik BUMN tersebut agar membuat harga avtur sesuai dengan pasar Internasional.

sd

Kedua, lanjut dia, bila Pertamina tak bisa menyanggupi permintaannya maka pilihan lainnya menjadikan perusahaan lain bisa memasok permintaan bahan bakar pesawat itu ke dalam negeri.

"Pilihannya hanya satu, harganya bisa sama dengan harga Internasional tidak? Kalau tidak bisa, saya akan masukkan kompetitor lain. Sehingga terjadi kompetisi," paparnya.

Jokowi memaparkan, bahwa monopoli Pertamina dalam memasok avtur akan mengakibatkan tingginya harga avtur dalam negeri. Sehingga, kata dia, hal itu akan berdampak negatif kepada sektor-sektor lainnya.

"Karena memang segitu menggangu, saya belum sempat mengundang, tapi sudah disampaikan dulu Pak Hariyadi (Ketua PHRI-red)," ucapnya.

(wal)

Comments