Berobat Pakai BPJS Kesehatan saat Mudik Lebaran Gratis di Mana Saja

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Berobat Pakai BPJS Kesehatan saat Mudik Lebaran Gratis di Mana Saja

Berobat Pakai BPJS Kesehatan saat Mudik Lebaran Gratis di Mana Saja

KEPONEWS.COM - Berobat Pakai BPJS Kesehatan saat Mudik Lebaran Gratis di Mana Saja Selama mudik Lebaran kalau Kamu mendadak sakit dan ingin berobat memakai kartu BPJS Kesehatan, kini sangat dimudahkan. Kamu tak perlu membawa surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (FK...
Loading...

Selama mudik Lebaran kalau Kamu mendadak sakit dan ingin berobat memakai kartu BPJS Kesehatan, kini sangat dimudahkan. Kamu tak perlu membawa surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) asal di tempat domisili.

Namun pastinya ada ketentuan yang harus dipatuhi selama memanfaatkan program JKN-KIS saat mudik Lebaran. Namun hal itu tidak merepotkan Kamu selama kartu masih aktif.

Kepala Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Ma'ruf mengatakan, pada mudik Lebaran tahun ini, saat peserta JKN-KIS sakit, meski dalam kondisi tidak gawat darurat, tetap bisa berobat gratis di FKTP mana saja. Ini berlaku pada H-7 sampai H+7 Lebaran.

"Ketentuannya kalau mudik ke luar daerah, pertama kartunya aktif kalau mau digunakan. Lebih gampang lagi manfaatkan Mobile JKN," tutur Iqbal ditemui di Kantor BPJS Kesehatan, daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019).

BPJS Kesehatan pasien

Iqbal menerangkan, peserta JKN-KIS bisa datang ke FKTP terdekat. Namun dipastikan beberapa FKTP di daerah buka untuk melayani pasien. Karena, sebut Iqbal, tidak semua FKTP buka untuk melayani pasien selama Lebaran. Hal itu bisa membuat pasien kurang nyaman bila ingin berobat.

"Kita data wilayah FKTP yang buka, beberapa puskesmas juga siap. Diatur biar nyaman," tambah Iqbal.

Selain datang berobat ke FKTP, khusus untuk pasien yang membutuhkan obat rajin atau tindakan rajin seperti hemodialisa, tetap bisa mendapatkan pelayanan gratis selama Lebaran. Caranya bisa langsung datang ke counter obat di rumah sakit asal terlebih dahulu, sebelum H-7 Lebaran.

"Atau bisa juga ambil lewat IGD untuk opsi kedua, kalau ingin datang ke rumah sakit di daerah," terangnya.

Dia juga mengingatkan, ketika peserta JKN-KIS ditolak FKTP atau mengalami kesulitan, bisa langsung lapor ke call center BPJS Kesehatan. Karena selama mudik Lebaran, Kamu sudah diberikan kemudahan berobat, tanpa ada yang menghambat.

(hel)

Comments