Berkreasi dengan Jagung Manis

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Berkreasi dengan Jagung Manis

Berkreasi dengan Jagung Manis

KEPONEWS.COM - Berkreasi dengan Jagung Manis Jagung manis memang popular. Tidak saja enak dibuat bakwan tapi jagung manis juga bisa dibuat sajian lain. Menurut pakar masakan Sisca Soewitomo, jagung manis salah satu komoditas yang bisa disulap me...

Jagung manis memang popular. Tidak saja enak dibuat bakwan tapi jagung manis juga bisa dibuat sajian lain. Menurut pakar masakan Sisca Soewitomo, jagung manis salah satu komoditas yang bisa disulap menjadi banyak sekali olahan makanan. Bisa ditumis bersama peda dan cabai hijau, dibuat botok dengan paduan teri, bahkan dibuat cake kukus yang manis.

"Pilihlah jagung manis yang baru, aromanya segar, biji jagungnya penuh dan berjajar rapi," ujar Sisca membagi tips memilih jagungnya.

Agar lebih praktis, Anda bisa membeli jagung manis yang sudah dikupas, asalkan melihat tanggal produksinya. Jangan lupa, belilah dalam jumlah secukupnya. Alasannya adalah jagung manis yang sudah dikupas hanya bertahan dua hari kalau disimpan dalam kulkas. Berikut ini salah satu resep berbahan jagung manis yang bisa Anda coba.

Cake Kukus Jagung Manis

Bahan:
125 gram gula pasir
125 gram gula merah, sisir
150 ml air
250 gram terigu
1/2 sdt soda kudapan manis
1/2 sdt ragi instan
1 butir telur
100 ml minyak goreng
150 gram jagung manis pipilan

Cara membuat:
1. Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan kertas cup, sisihkan. Siapkan dandang untuk mengukus (hingga benar-benar panas).
2. Masak gula pasir dan gula merah bersama air. Setelah mendidih dan gula larut, angkat dinginkan. Saring bila perlu.
3. Tepung terigu dicampur dengan larutan gula, aduk rata. Tambahkan soda kudapan manis dan ragi instan dan telur, aduk rata. Masukkan minyak goreng, aduk rata, tambahkan jagung manis pipilan. Aduk rata.
4. Tuangkan ke dalam cetakan dan kukus selama 15 menit. Angkat dan dinginkan.
5. Sajikan.

Botok Teri Jagung Manis'
Bahan:
1/2 kelapa setengah tua, kupas dan parut memanjang
50 gram teri asin
3 lembar daun jeruk, iris halus
200 gram jagung manis pipilan
1 papan petai, kupas dan iris
2 butir telur
12 cabai rawit merah

Haluskan:
3 cabai merah besar
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt terasi matang
1 sdt garam dan 2 sdt gula pasir
Pelengkap: daun pisang dan lidi penyemat

Cara membuat:
1. Campur kelapa dengan bumbu halus, teri asin, jagung manis, dan irisan petai, aduk rata. Tambahka telur, aduk rata. Bagi adonan menjadi 12.
2. Ambil dua lembar daun, susun, isi dengan satu bagian adonan, tambahkan cabai rawit merah dan bungkus bentuk tum. Semat dengan lidi.
3. Kukus selama 20 menit, angka.
4. Sajikan hangat dengan nasi putih.

Comments