Berkedok Aplikasi, Skype dan Zoom Jadi Target Serangan Siber

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Berkedok Aplikasi, Skype dan Zoom Jadi Target Serangan Siber

Berkedok Aplikasi, Skype dan Zoom Jadi Target Serangan Siber

KEPONEWS.COM - Berkedok Aplikasi, Skype dan Zoom Jadi Target Serangan Siber Ilustrasi video call. (pexels/Edward Jenner) Kini software berbasis video conference kian populer di tengah pandemi COVID-19. Perusahaan global cybersecurity Kaspersky menyelidiki lanskap ancaman unt...

Ilustrasi video call. (pexels/Edward Jenner)

Kini software berbasis video conference kian populer di tengah pandemi COVID-19. Perusahaan global cybersecurity Kaspersky menyelidiki lanskap ancaman untuk software pertemuan sosial demi memastikan keamanan dan kenyamanan proses komunikasi penggunanya.

Hasil analisis mendeteksi sekitar 1.300 file teridentifikasi memakai nama yang serupa dengan software populer seperti Zoom, Webex, dan Slack. Para pelaku kejahatan siber memakai kesempatan di tengah krisis seperti ini dan mendistribusikan banyak sekali ancaman siber dengan kedok software terkemuka.

"Kami berpikir bahwa, penting bagi orang-orang untuk mengetahui perihal keberadaan ancaman semacam itu. Dalam keadaan seperti saat ini, ketika sebagian besar dari kita bekerja dari rumah, sangat penting untuk memastikan bahwa apa yang kita gunakan sebagai platform pertemuan sosial daring diunduh dari sumber sah, dengan pengaturan tepat dan tidak mempunyai kerentanan berat yang belum diatasi sebelumnya," ucap Denis Parinov, pakar keamanan di Kaspersky.

Jumlah penyebaran file yang menyamar sebagai software pertemuan sosial populer didominasi oleh Zoom sebanyak 42 persen, Webex 22 persen, Gotomeeting 13 persen, Flock dan Slack 11 persen, Join.me dan Lifesize 0,46 persen, MSteams 0,23 persen, dan HighFive 0,08 persen.

Ilustrasi aplikasi Zoom di ponsel pintar. [Shutterstock]Ilustrasi software Zoom di ponsel pintar. [Shutterstock]

Menurut keterangan pers yang didapat Suara.com, di antara 1.300 file tersebut setidaknya ada 200 ancaman yang terdeteksi. Ancaman paling umum ialah dua jenis adware yaitu DealPly dan DownloadSponsor.

Kedua jenis adware ini merupakan pemasang atau installer yang akan menampilkan iklan atau mengunduh modul adware. Perangkat lunak tersebut biasanya muncul pada perangkat pengguna setelah diunduh dari pasar tidak resmi.

Di sisi lain, pada beberapa kasus, pakar Kaspersky menemukan ancaman yang disamarkan sebagai file .lnk atau pintas (shortcuts) ke software. Bahkan sebagian besar terdeteksi sebagai Exploit.Win32.CVE-2010-2568, sebuah kode berbahaya yang cukup lama ada namun masih tersebar luas. Ini memungkinkan penyerang menginfeksi beberapa komputer dengan malware tambahan.

Tetapi menurut para ahli, "raja" sebenarnya dari software pertemuan sosial yang paling banyak digunakan oleh pelaku kejahatan siber dalam percobaan mendistribusikan ancaman siber merupakan Skype.

Kaspersky berhasil menemukan sebanyak 120.000 file mencurigakan yang memakai nama software tersebut. Perlu diwaspadai, penggunaan nama software Skype pun tidak hanya ditujukan untuk mendistribusikan adware, tetapi juga banyak sekali malware seperti Trojan.

Ilustrasi malware. [Shutterstock]Ilustrasi malware. [Shutterstock]

Denis Parinov menambahkan bahwa tidak ada lonjakan dramatis dalam jumlah serangan atau jumlah file yang disamarkan sebagai software pertemuan sosial yang populer saat ini. Jumlah aktual dari file-file yang ditemukan cukup berada di level moderat. Namun lain halnya dengan Skype, software ini pada dasarnya sudah menjadi sasaran bagi para pelaku kejahatan siber selama bertahun-tahun karena popularitasnya.

Di kesempatan berbeda, Director of Global Research & Analysis Team (GReAT), APAC at Kaspersky Vitaly Kamluk berpendapat bahwa software dan platform-platform terkenal, memang menjadi sasaran empuk bagi para penjahat siber.

"Zoom kini menjadi salah satu platform group teleconference yang paling banyak digunakan, di saat pandemi Covid-19 ini. Para penjahat siber memang menargetkan platform-platform terkenal yang kini menjadi komoditi masyarakat luas," ujarnya melalui virtual conference, Rabu (15/4/2020).( Lintang Siltya Utami)

Comments