Berhadiah Rp 990 Juta, Teka-teki di Gambar Ini Jadi Buruan Hacker

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Berhadiah Rp 990 Juta, Teka-teki di Gambar Ini Jadi Buruan Hacker

Berhadiah Rp 990 Juta, Teka-teki di Gambar Ini Jadi Buruan Hacker

KEPONEWS.COM - Berhadiah Rp 990 Juta, Teka-teki di Gambar Ini Jadi Buruan Hacker Teka-teki yang ada di Satoshis Treasure. (satoshistreasure.xyz) Para hacker (peretas) dan juga pemburu bitcoin dikagetkan dengan sebuah pesan terenkripsi yang dikirim dari Blockstream Satellite pada...

Teka-teki yang ada di Satoshis Treasure. (satoshistreasure.xyz)

Para hacker (peretas) dan juga pemburu bitcoin dikagetkan dengan sebuah pesan terenkripsi yang dikirim dari Blockstream Satellite pada 13 April 2019. Pesan tersebut mengarah pada sayembara Satoshi s Treasure, sebuah teka-teki yang memungkinkan pemenangnya mendapatkan hadiah utama 1 juta dolar AS atau Rp 14,2 miliar.

Untuk mendapatkan hadiah utama tak mudah, hacker atau para pemburu bitcoin (hunter) harus menyelesaikan beberapa petunjuk sebelumnya.

Situs Satoshis's Treasure yang beralamatkan di satoshistreasure.xyz menunjukkan hadiah Rp 14,2 miliar dalam bentuk bitcoin bagi hunter yang dapat memecahkan seluruh teka-tekinya.

Kini petunjuk ke-14 sudah diliris dan sang pemecah teka-teki akan mendapatkan hadiah 70 ribu dolar AS atau Rp 990 juta.

Untuk memecahkan hadiah utama, seseorang (atau tim) harus memasang kembali kunci rahasia yang telah dibagi menjadi 1.000 pecahan (shards).

10 dari 14 teka-teki berhasil dipecahkan. (satoshistreasure.xyz)10 dari 14 teka-teki berhasil dipecahkan. (satoshistreasure.xyz)

Individu pertama (atau tim) yang mengumpulkan 400 pecahan akan segera membuka hadiah utama.

Pecahan-pecahan itu harus ditemukan melalui teka-teki yang ada di situs Satoshi s Treasure.

Setelah 400 pecahan terkumpul, hunter atau hacker perlu membuka kunci harta memakai mantra Shamir (Shamir s spell).

Dilansir dari The Next Web, kata Shamir kemungkinan merujuk pada Adi Shamir, spesialis kriptografi Israel yang menciptakan algoritma RSA.

Algoritma RSA (Rivest-Shamir-Adleman) ialah sistem kriptokurensi asimetris yang menampilkan kunci publik dan pribadi utuk mengirim berita dengan aman.

Gambar yang perlu dipecahkan untuk meraih hadiah hingga 1 juta dolar AS. (satoshistreasure.xyz)Gambar yang perlu dipecahkan untuk meraih hadiah hingga 1 juta dolar AS. (satoshistreasure.xyz)

Teka-teki dan petunjuk ke-14 semakin membuat para hacker dan hunter semakin terpacu karena terdapat bonus tambahan.

"(Tiga) kunci dan tambahan hadiah 70 ribu dolar AS akan diberikan kepada para hunter yang memecahkan teka-teki," kata situs resmi Satoshis's Treasure.

Petunjuk terbaru merupakan kata "Zero Knowledge Key" yang disertai pesan "Don t be so SNARKy".

Kedua petunjuk itu ditambahi dengan sebuah gambar yang terdapat kode tak terencana.

Satoshis's Treasure terinspirasi dari film fiksi ilmiah Ready Player One di mana para pemain bekerja sama untuk memecahkan teka-teki.

Pemain akan berinteraksi dengan objek dan lokasi di seluruh dunia untuk menemukan petunjuk.

Petunjuk akan mengarah pada teka-teki kriptografi dan geochahing.

Itu memungkinkan para hunter dan hacker bisa menemukan koordinat lokasi dan pecahan petunjuk lainnya saat teka-teki dipecahkan.

Sejauh ini, dari 14 petunjuk, sudah 10 petunjuk yang berhasil dipecahkan oleh hacker di seluruh dunia.

Melihat kata kunci di atas, apakah kamu berniat menjadi hacker atau hunter untuk memecahkan teka-teki dan hadiah utama dari Satoshi s Treasure?

Comments