Berburu Sunrise di Bromo, Ini Tipsnya

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Berburu Sunrise di Bromo, Ini Tipsnya

Berburu Sunrise di Bromo, Ini Tipsnya

KEPONEWS.COM - Berburu Sunrise di Bromo, Ini Tipsnya Pasuruan - Berburu sunrise di sekitar Gunung Bromo, Jawa Timur begitu diminati traveler. Biar hasilnya maksimal ada beberapa tips yang bisa dicoba.Wisata Gunung Bromo tak lengkap tanpa mengejar sunris...

Pasuruan - Berburu sunrise di sekitar Gunung Bromo, Jawa Timur begitu diminati traveler. Biar hasilnya maksimal ada beberapa tips yang bisa dicoba.

Wisata Gunung Bromo tak lengkap tanpa mengejar sunrise. Banyak traveler dari banyak sekali daerah yang rela bangun dini hari untuk mencapai spot yang tepat buat menikmati indahnya syahdunya suasana pagi Bromo.

Buat traveler yang mau berburu sunrise di Bromo, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai perjalanan. Dirangkum detikTravel, Selasa (24/4/2018), berikut tips berburu sunrise Bromo:

1. Menentukan jadwal keberangkatan

Waktu terbaik untuk menikmati sunrise Bromo ialah kala musim kemarau, sekitar bulan Juli sampai September. Cuaca lebih cerah, sunrise bisa lebih terlihat terang tanpa terhalang kabut. Tentunya kalau datang saat hujan turun dan berkabut, sunrise kurang maksimal terlihat.

Jauh-jauh hari sebelum berangkat sebaiknya traveler sudah booking homestay terlebih dahulu, begitu pula untuk jeep. Kendaraan ini begitu penting karena perjalanan menuju view point sunrise Bromo harus dengan jeep, tidak bisa sembarangan naik mobil pribadi.

Si Cantik Tara Basro yang Terpesona Keindahan Bromo

2. Spot terbaik melihat sunrise

Biasanya spot yang jadi favorit traveler untuk melihat sunrise ialah Penanjakan 1. Ini masuk di wilayah Kabupaten Pasuruan, di ketinggian 2.770 mdpl. Gunung Bromo dapat terlihat dengan terang dari sini, Gunung Semeru pun terlihat di kejauhan.

Namun selain Penanjakan 1 masih ada pilihan spot lain yang tak kalah indah, seperti Penanjakan 1, Bukit Cinta dan Bukit Kingkong. Setelah mentari terbit, traveler juga bisa lanjut menikmati keindahan dari view point yang ada, foto-foto berlatar Gunung Bromo yang menawan.

(Eko Prasetyo Aji/d'Traveler)(Eko Prasetyo Aji/d'Traveler)
3. Siap bangun lebih pagi

Untuk mendapat tempat yang pas buat melihat sunrise, sebaiknya traveler sudah tiba di Penanjakan 1 paling tidak pukul 03.30 atau 04.00 WIB. Apalagi kalau datang di akhir pekan, di mana traveler yang mau melihat sunrise begitu ramai.

Maka sebaiknya jam keberangkatan dari penginapan disesuaikan. Kalau menginap di daerah Tosari, Kabupaten Pasuruan, perjalanan menuju Penanjakan 1 sekitar 45 menit. Jadi bisa berangkat pukul 02.30 atau jam 03.00. Sedangkan kalau menginap di Malang, karena jaraknya lebih jauh, sebaiknya berangkat sekitar pukul 00.00 WIB malam.

4. Kenakan pakaian yang tepat

Dengan suhu yang dingin di pegunungan, jangan lupa untuk mengenakan pakaian hangat. Kenakan jaket tebal, kupluk, kaus kaki, juga sarung tangan. Untuk alas kaki, pakailah sepatu trekking yang paling nyaman.

5. Bawa uang cash

Cukup sulit menemukan ATM di sekitar Bromo. Bawalah uang cash secukupnya untuk keperluan selama wisata, seperti untuk membayar tiket masuk, membeli minuman hangat, maupun snack untuk mengganjal lapar di pagi hari. Banyak warung yang menjual jajanan serta minuman hangat di sekitar Penanjakan 1. (krn/aff)

Comments