Berburu Aneka Makanan Lokal Indonesia di Kreatifood Expo

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Berburu Aneka Makanan Lokal Indonesia di Kreatifood Expo

Berburu Aneka Makanan Lokal Indonesia di Kreatifood Expo

KEPONEWS.COM - Berburu Aneka Makanan Lokal Indonesia di Kreatifood Expo Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menyelenggarakan Kreatifood Expo dengan melibatkan 144 pelaku kreatif di bidang masakan. Tahun ini, Kreatifood digelar di Atrium Ciputra World Mall Surabaya, Jaw...
Loading...

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menyelenggarakan Kreatifood Expo dengan melibatkan 144 pelaku kreatif di bidang masakan. Tahun ini, Kreatifood digelar di Atrium Ciputra World Mall Surabaya, Jawa Timur, selama tiga hari, Jumat hingga Minggu, 12-14 Juli 2019. Aneka masakan menarik dan maknyus dipamerkan di gelaran ini.

Kreatifood Expo di Surabaya ialah ke sekian kalinya diselenggarakan dan tahun ini hanya di Surabaya. Tahun lalu, acara serupa digelar di sepuluh kota besar di Indonesia. Ratusan distributor dengan produk masakan rintisan muncul berkontribusi. Sama dengan tahun lalu, Kreatifood kali ini menargetkan transaksi lebih dari Rp1 miliar.

Kepala Sub Bidang Pengembangan Pasar Dalam Negeri Bekraf, Yuana Rochma Astuti, mengatakan pameran masakan kreatif digelar untuk meningkatkan pemasaran subsektor masakan dengan menghubungkan perusahaan rintisan (startup) masakan kepada kanal distribusi dan pemasaran.

Selain itu untuk meningkatkan peluang investasi baru dari sisi permodalan non perbankan. "Kami terus berkomitmen mengakselerasi produk dari pelaku ekonomi kreatif khususnya dalam hal pemasaran baik di dalam maupun luar negeri," kata Yuana di lokasi Kreatifood Expo.

Pembukaan Kreatifood Expo di Ciputra World Mall Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 12 Juli 2019.

Menu kopi di Kultur Haus Surabaya.

Beda Rasa Kopi Gunung Halu dan Abyssinia Aceh, Coba di Kafe Ini

?Zangrandi Ice Cream

Sepuluh Wisata Masakan yang Murah dan Enak di Surabaya

Festival Ramadhan Nusantara di Depok

Ngabuburit Seru Sambil Buka Puasa Masakan Nusantara, ke Sini Yuk!

Berkaca pada gelaran sebelumnya, dampak positif dari pameran tersebut ialah terbukanya pasar luar negeri. Hal itu diakui oleh Kepala Subdit Pasar Segmen Usaha dan Pemerintah Bekraf, Fahmi Akmal. "Cuma kami memang belum mendata berapa secara pasti produk-produk masakan yang sudah masuk pasar luar negeri," ujarnya.

Pengamatan VIVA di lokasi, aneka masakan sudah dipajang di tenant-tenant. Semuanya produk lokal dengan kemasan yang sedap dipandang. Salah satunya cemilan sejenis manisan buah bernama Happinaz, Happijam, dan Rujaker. Masakan unik itu diproduksi oleh sekelompok anak muda asal Jakarta dari irisan buah-buahan yang dikeringkan.

Sang Co-Founder, Rahmat Soleh, mengatakan, dirintis semenjak tahun lalu, produknya kini tidak hanya laris di dalam negeri, tapi juga merambah ke negara luar, di antaranya Jepang. "Sementara ini masih Jepang, kadang pesan sampai empat-lima ton," kata alumnus Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, itu. (ren)

Pembukaan Kreatifood Expo di Ciputra World Mall Surabaya, Jatim (12/07/2019)

Comments