Berburu 5 Camilan Legendaris Nikmat dan Murah di Pecinan Glodok

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Berburu 5 Camilan Legendaris Nikmat dan Murah di Pecinan Glodok

Berburu 5 Camilan Legendaris Nikmat dan Murah di Pecinan Glodok

KEPONEWS.COM - Berburu 5 Camilan Legendaris Nikmat dan Murah di Pecinan Glodok Daerah Glodok dan Petak Sembilan identik dengan kehidupan masyarakat Tionghoa. Bahkan saat jalan-jalan di daerah ini, akan sangat mudah ditemukan masakan legendaris khas China. Bila berkesempatan data...

Daerah Glodok dan Petak Sembilan identik dengan kehidupan masyarakat Tionghoa. Bahkan saat jalan-jalan di daerah ini, akan sangat mudah ditemukan masakan legendaris khas China.

Bila berkesempatan datang ke Glodok atau Petak Sembilan, tak ada salahnya mampir dan merasakan hidangan khas pingir jalannya. Di balik tempatnya yang sempit dan berlorong-lorong, ada banyak loh camilan legendaris yang mungkin selama ini tidak diketahui.

Selain es kopi Tak Kie yang sudah melegenda, hingga kedai teh Pantjoran Tea House yang telah terkenal, nyatanya masih ada jajanan pinggir jalan legendaris, nikmat dan pastinya murah meriah.

Dan berikut ini lima makanan halal legendaris yang berhasil ditemukan VIVA ketika berkunjung dan mencari pernak-pernik Imlek di daerah Glodok.

Pia Glodok

Sepintas mirip dengan bakpia yang selama ini dikenal luas, tapi namanya ternyata tau sa piah. Isiannya cukup beragam tapi yang paling favorit ialah isi durian, jangan harap bisa mencicip tau sa piah isi durian bila datang siang hari, karena saat datang ke sana sekitar pukul 14.00 saja pia isi durian sudah ludes terjual.

Pia Glodok

Menurut salah satu pegawainya, pia ini asalnya dari Beijing, dan sudah cukup sulit ditemukan. Alternatif lainnya ialah isi nangka, tak seperti dibayangkan, ternyata pia isi buah nangka lezat.

Harga : Rp 5.000
Buka : 09.00-17.00
Lokasi: Glodok, gang sebelum AW

Cempedak goreng

Sepintas seperti makanan rumahan, tapi Cempedak Cik Liani ini cukup legendaris lho di Glodok. Tapi hati-hati karena banyak yang berjualan cempedak di daerah ini.

Cempedak Goreng

Yang membuat berbeda dari cempedak lainnya, cempedak buatan Cik Liani berasal dari buah nangka yang warnanya oranye, jadi bisa dipastikan manis dan nikmat. Ada juga kuah gula merah bila menginginkan lebih manis.

Harga : Rp 15.000
Buka : 09.00-17.00
Lokasi: Masuk gang sebelum AW sampai mentok, belok kanan.

image_title

Kebaya Imlek Anne Avantie, Perpaduan Gaya Cheongsam dan Batik

image_title

Kisah Viral Pasangan Muslim di Malaysia Jual Cendera Mata Imlek

image_title

Imlek, Simak 5 Fakta Unik Babi Tanah

Chi Cong Fan

Makanan asli Medan ini juga cukup diminati dan wajib dicoba saat berkunjung ke daerah Glodok. Tidak seperti pedagang lainnya yang mempunyai tempat yang menetap, Chi cong fan di daerah Glodok dijual dengan sepeda, jadi bisa ditemukan di beberapa lokasi bila beruntung.

Chi Cong Fan

Chi Cong Fan terbuat dari tepung beras dan tang mien. Bentuknya putih dan lembaran tipis panjang kemudian biasanya dipotong-potong oleh penjualnya. Makanan ini biasanya disajikan dengan kecap asin, saus pedas, dan sambal cair yang kepedasannya bisa disesuaikan. Dan terakhir merupakan taburan bawang goreng. Rasanya? Gurih seperti bawang goreng, bercampur dengan sedikit rasa pedas serta lembaran tepung beras yang telah dipotong, nikmat! Makanan ini termasuk yang wajib dicoba ketika ke Glodok

Harga : Rp 10.000 (1 porsi)

Kue Moci

Kalau biasanya kue moci dibeli dalam kondisi sudah jadi dan berbedak, tidak demikian dengan kue moci ini. Terletak di Gedung Chandra, Pancoran, Kota Tua, penjualnya akan menyajikan langsung moci di depan pelanggan.

Moci

Jikalau hari Sabtu dan Minggu, pelanggan bisa mendapat pilihan kulit moci rasa pandan, di luar hari tersebut hanya tersedia kulit biasa berwarna putih. Isiannya, jikalau selama ini moci mempunyai isian yang cukup lengket di gigi, tidak demikian dengan isian moci di sini.

Harga : Rp 5.000

Roti Srikaya

Nah kalau yang satu ini termasuk terkenal, selain karena roti nya enak, penjualnya juga terkenal cantik. Sayangnya saat tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 saja roti srikaya sudah habis terjual.
Roti di sini ada tiga pilihan, yaitu kukus, panggang dan goreng,(nsa)

Comments