Berapa Lama Kekebalan Tubuh Terbentuk Setelah Disuntik Vaksin Covid-19?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Berapa Lama Kekebalan Tubuh Terbentuk Setelah Disuntik Vaksin Covid-19?

Berapa Lama Kekebalan Tubuh Terbentuk Setelah Disuntik Vaksin Covid-19?

KEPONEWS.COM - Berapa Lama Kekebalan Tubuh Terbentuk Setelah Disuntik Vaksin Covid-19? Pemerintah telah mendatangkan vaksin Covid-19 keluaran Sinovac sebanyak 15 juta dosis yang tiba pada Selasa lalu. Orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 ialah presiden Joko Widodo (Jokowi) yang d...

Pemerintah telah mendatangkan vaksin Covid-19 keluaran Sinovac sebanyak 15 juta dosis yang tiba pada Selasa lalu. Orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 ialah presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disiarkan di stasiun televisi nasional.

Selanjutnya, ada selebriti Raffi Ahmad yang juga telah mendapatkan vaksinasi. Ia dipilih oleh pemerintah karena dinilai mempunyai pengikut yang cukup banyak.

Vaksin Covid-19

Akan tetapi, banyak orang yang bertanya mengenai berapa lama kekebalan tubuh dapat terbentuk setelah disuntik vaksin Covid-19. Serta apa yang terjadi pada tubuh saat dimasukkan vaksin tersebut.

Melansir Avera.org, seseorang akan mulai mempunyai kekebalan tubuh tujuh hari, setelah dosis pertama Kamu mendapatkan vaksin. Kekebalan tubuh Kamu pun akan terus meningkat dan akan mencapai puncaknya sekitar dua minggu setelah dosis kedua.

Adapun, seseorang juga harus mempunyai dosis kedua karena vaksin pertama tersebut ialah vaksin dua dosis. Mendapatkan kedua dosis itu sangat penting.

Dosis pertama ialah dosis "priming" yang memberi Kamu kekebalan sekitar 50% sedangkan dosis kedua menetapkan kekebalan sekitar 95%. Kamu tidak akan mengembangkan kekebalan yang cukup terhadap Covid-19 tanpa kedua dosis tersebut.

Tujuan dari vaksin Covid-19 merupakan membentuk antibodi. Karena itu, bagi Kamu yang mempunyai autoimun, pemerintah pun belum menyarankan Kamu untuk mendapatkan vaksinasi.

"Obat bisa timbul reaksi alergi, karena itu buat orang-orang yang sudah punya riwayat alergi vaksin sebelumnya, ini memang harus ditunda dulu, dipastikan dulu apakah dia juga mempunyai alergi pada vaksin Covid-19," ujar Dr. Ari Fahrial Syam melalui pesan singkat.

Setelah Kamu, anggota keluarga dan sahabat Kamu sebaiknya divaksinasi. Namun, penting untuk diingat bahwa anak-anak tidak akan terlindungi sampai vaksin disetujui untuk mereka.

Karenanya, diharapkan masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan meski sudah divaksinasi. Tetap mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta selalu menjaga kesehatan.

(DRM)

Comments