Berapa Kali Kita Harus BAB dalam Sehari?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Berapa Kali Kita Harus BAB dalam Sehari?

Berapa Kali Kita Harus BAB dalam Sehari?

KEPONEWS.COM - Berapa Kali Kita Harus BAB dalam Sehari? Buang Air Besar (BAB) yang tidak lancar dapat mengganggu kesehatan Kamu. Maka dari itu, BAB yang teratur memungkinkan tubuh untuk membersihkan kotoran dan bakteri, juga tentunya menjaga pencernaan Kam...

Buang Air Besar (BAB) yang tidak lancar dapat mengganggu kesehatan Kamu. Maka dari itu, BAB yang teratur memungkinkan tubuh untuk membersihkan kotoran dan bakteri, juga tentunya menjaga pencernaan Kamu tetap sehat. Faktanya, frekuensi BAB bisa menjadi salah satu indikator terbaik kesehatan Kamu secara keseluruhan dan mendeteksi sensitivitas makanan atau infeksi yang perlu ditangani.

Jadi sebenarnya seberapa sering kita harus BAB? Jawaban atas pertanyaan ini akan sedikit berbeda untuk setiap individu. "Setiap orang setidaknya harus BAB satu kali dalam hari. Namun, hingga tiga kali dalam sehari juga dianggap normal," jelas Vincent Pedre, M.D., spesialis kesehatan usus integratif dan anggota kolektif mbg Collective, dikutip dari Mindbodygreen, Sabtu (11/5/2019).

Walaupun BAB tiga kali dalam sehari dianggap normal, masih banyak yang mengatakan kalau hal tersebut belum optimal. Bagi mereka yang tidak mempunyai masalah kesehatan yang cukup serius akan merasa tidak nyaman dengan hal ini. Jadi pada intinya setiap dari individulah yang menentukan kisaran ideal BAB mereka, yang terpenting merupakan satu sampai tiga kali per hari.

Jikalau Kamu terlalu sering BAB atau merasa ada yang aneh dengan rutinitas BAB Kamu yang biasanya normal, mungkin ada sejumlah faktor yang menjadi penyebabnya, dan beberapa tidak berbahaya. Salah satunya merupakan fluktuasi hormon sebelum dan selama menstruasi, yang menyebabkan diare (dipicu oleh peningkatan prostaglandin) atau sembelit (dipicu oleh peningkatan progesteron), yang biasanya akan sembuh dalam beberapa hari. Penyebab lain dari pergerakan usus yang aneh mungkin merupakan indikator bahwa Kamu perlu melakukan beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup.

Nah, bila Kamu mempunyai kesulitan untuk BAB, kemungkinan besar Kamu menderita sembelit. Ini disebabkan oleh dehidrasi dan diet rendah serat, dan bagi wanita yang mayoritas estrogen atau pil KB kemungkinan disebabkan oleh kelebihan estrogen.

Lalu bagaimana solusinya? Perubahan sederhana seperti minum lebih banyak air, meningkatkan asupan serat dari sumber-sumber seperti sayuran berdaun hijau, mengambil probiotik dengan Bifidobacterium (atau probiotik berbasis spora), dan melakukan latihan kardio secara teratur dapat mengurangi sembelit dan membuat tubuh menjadi lebih seimbang.

Olahraga dan penurunan berat badan mungkin sangat penting bagi wanita karena dapat membantu menurunkan kadar estrogen dalam tubuh. Bila masih merasa kesulitan, pertimbangkan suplemen magnesium sitrat yang mempunyai efek osmotik, menjadikannya bentuk magnesium terbaik untuk konstipasi.

Jikalau Kamu merasa rutinitas BAB belum berjalan dengan baik, meskipun sudah melakukan banyak sekali tips seperti yang sudah di sarankan, maka segera kunjungi dokter yang dapat membantu Kamu untuk menentukan penyebab dan tindakan yang tepat.

(tam)

Comments