Berambisi Eksplore Antariksa, NASA Umumkan Empat Misi Baru

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Berambisi Eksplore Antariksa, NASA Umumkan Empat Misi Baru

Berambisi Eksplore Antariksa, NASA Umumkan Empat Misi Baru

KEPONEWS.COM - Berambisi Eksplore Antariksa, NASA Umumkan Empat Misi Baru Logo NASA. (Shutterstock) Lembaga luar angkasa milik Amerika Serikat NASA baru saja mengumumkan empat misi baru. Kia ambisius eksplore antariksa empat misi baru ini diharapkan bisa mengungkap misteri...

Logo NASA. (Shutterstock)

Lembaga luar angkasa milik Amerika Serikat NASA baru saja mengumumkan empat misi baru. Kia ambisius eksplore antariksa empat misi baru ini diharapkan bisa mengungkap misteri perihal objek yang diteliti.

Nantinya, dua tim akan fokus untuk mengungkap planet Venus, satu tim untuk meneliti bulan yang mengelilingi Jupiter, sisanya berfokus pada penelitian bulan yang mengitari Neptunus.

Sebagaimana dikutip dari Cnet, Jumat (14/2/2020), keempat misi ini dipilih NASA dari empat tim finalis dari Discovery Program. Untuk merancang konsep penelitian mereka, keempat tim diberikan dana sebesar 3 juta dolar AS.

"Misi yang terpilih ini mempunyai potensi untuk mengubah pemahaman kami terhadap beberapa dunia yang paling aktif dan kompleks di sistem tata surya," tutur Associate Administrator Science Mission Directorate NASA, Thomas Zurbuchen.

"Menjelajahi salah satu dari benda-benda angkasa ini akan membantu manusia untuk membuka rahasia perihal bagaimana benda tersebut dan benda lainnya bisa terbentuk di kosmos," imbuhnya.

Dua dari empat misi yang terpilih akan fokus ke Venus yaitu DAVINCI+ (Deep Atmosphere Venus Investigation of Noble gases, Chemistry and Imaging Plus) dan VERITAS (Venus Emissivity, Radio Science, InSAR, Topography and Spectroscopy).

DAVINCI+ bertugas menganalisis atmosfer Venus untuk melihat bagaimana proses terbentuk dan evolusinya, serta untuk melihat apa planet ini pernah mempunyai lautan. Sementara VERITAS akan memetakan permukaan Venus untuk memeriksa sejarah geologinya.

Di sisi lain, dua misi lainnya akan melihat bulan yang mengelilingi planet. Io Volcano Observer (IVO) akan menjelajahi Io, bulan Jupiter yang dipenuhi gunung berapi agar bisa mempelajari lautan magma dan kekuatan pasang surut di satelit alami Jupiter itu.

Penampakan planet Jupiter terbaru dengan menggunakan hubble. [NASA]Penampakan planet Jupiter terbaru dengan memakai hubble. [NASA]

Satu tim terakhir, ada Trident yang akan menjelajahi Triton, bulan es yang mengelilingi Neptunus guna melihat kemungkinan asanya obyek luar angkasa yang sangat jauh dari Matahari bisa dihuni oleh makhluk hidup.

Setelah mendapatkan suntikan dana dari NASA, keempat tim terpilih akan diberikan waktu selama sembilan bulan untuk mengembangkan rencana dan konsep yang terkait dengan misi.

Setelah itu, NASA akan mengevaluasi hasil studi masing-masing tim dan akan memilih dua misi prioritas pada 2021 mendatang.(Tivan Rahmat)

Comments