Bentrokan Israel dan milisi Palestina di Gaza: Mengapa Hamas memilih menahan diri?

Internasional

News / Internasional

Bentrokan Israel dan milisi Palestina di Gaza: Mengapa Hamas memilih menahan diri?

Bentrokan Israel dan milisi Palestina di Gaza: Mengapa Hamas memilih menahan diri?

KEPONEWS.COM - Bentrokan Israel dan milisi Palestina di Gaza: Mengapa Hamas memilih menahan diri? Gelombang kekerasan di Gaza pekan lalu sangat berbeda dengan pertempuran lintas-perbatasan sebelumnya: Hamas bungkam dan Israel tidak menargetkan musuh tradisionalnya tersebut. Secara paradoks kenyata...
Loading...

Gelombang kekerasan di Gaza pekan lalu sangat berbeda dengan pertempuran lintas-perbatasan sebelumnya: Hamas bungkam dan Israel tidak menargetkan musuh tradisionalnya tersebut.

Secara paradoks kenyataan ini menegaskan bahwa Israel dan Hamas - gerakan Islam utama di Gaza - berkomitmen mencapai pemahaman strategis demi membantu menjaga perdamaian.

Pertempuran dimulai ketika Israel membunuh komandan tertinggi Jihad Islam, kelompok yang jumlah anggotanya lebih kecil dan lebih radikal, yang diklaim merencanakan melakukan serangan dalam waktu dekat.

Operasi kontroversial ini jarang terjadi semenjak perang Gaza 2014, dan kelompok Jihad Islam membalasnya dengan rentetan serangan roket.

Kelompok ini mengharapkan agar Hamas bergabung dengan mereka guna membalas pembunuhan komandannya, Baha Abu al-Ata.

Hamas, yang menguasai dan memerintah Gaza, berpartisipasi bersama dengan faksi lainnya untuk membahas taktik. Tapi mereka jelas tidak meluncurkan serangan apa pun ke wilayah Israel.

Pesan untuk Hamas

Hal itu dilakukan Hamas "demi kepentingan Palestina" untuk menghindari eskalasi, kata seorang pejabat senior Hamas, Basem Naim, kepada BBC.

Warga Gaza sudah cukup menderita lantaran kondisi mengerikan di lapangan, katanya, dan "atmosfer regional dan internasional tidak begitu membantu saat ini".

Terkait dengan masalah ini, Israel biasanya menuntut Hamas bertanggung jawab atas kekerasan yang berasal dari Gaza. Namun demikian, pemerintah Israel memaparkan bahwa saat ini mereka hanya mengejar kelompok Jihad Islam.

GazaAFP Korban jatuh dari pihak sipil baik dari serangan roke dari Gaza ataupun serangan militer Israel.

Bagaimanapun, situasi ini memunculkan kritik terhadap Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang dengan cepat menghubungkan waktu kejadian serangan pembunuhan itu dengan usaha politiknya.

Loading...

Comments