Benarkah Tidur Siang Bikin Balita Lebih Pintar Bicara?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Benarkah Tidur Siang Bikin Balita Lebih Pintar Bicara?

Benarkah Tidur Siang Bikin Balita Lebih Pintar Bicara?

KEPONEWS.COM - Benarkah Tidur Siang Bikin Balita Lebih Pintar Bicara? Ada satu trik supaya kemampuan berbahasa anak lebih cepat berkembang.Caranya merupakan dengan menjadwalkannya rutin tidur siang. Kenapa bisa begitu?Menurut riset dari Child Development, anak-anak yang...

Ada satu trik supaya kemampuan berbahasa anak lebih cepat berkembang.

Caranya merupakan dengan menjadwalkannya rutin tidur siang. Kenapa bisa begitu?

Menurut riset dari Child Development, anak-anak yang terbiasa tidur siang setelah belajar beberapa kata baru cenderung lebih bisa mengingat kata-kata tersebut hingga keesokan harinya.

"Riset membuktikan tidur bisa membantu meningkatkan daya ingat. Ada beberapa fase tidur yang bisa memengaruhi ketajaman daya ingat dan salah satu yang terpenting ialah fase tidur non-REM atau slow wave sleep," kata peneliti Rebecca Gomez.

Ia ialah peneliti utama dari Child Cognition Lab, University of Arizona.

Pada fase ini, otak akan membuka kembali dan memperkuat daya ingat. Umumnya, balita memerlukan waktu tidur 10-12 jam sehari.

Namun, seringkali si Kecil tidak bisa tidur selama itu karena sering terjaga di malam hari atau terbangun kala subuh.

"Balita yang kurang tidur bisa berisiko mengalami gangguan di kemudian hari, termasuk gangguan dalam hal akademis. Misalnya, hasil tes psikologis yang kurang baik," kata Gomez.

Selain itu, studi yang dimuat di Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics juga menyebutkan, balita yang kurang tidur berisiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan perilaku.

Misalnya, anak cenderung over-aktif, mudah marah, proaktif, impulsif, sering mengamuk, serta perilaku negatif lainnya.

Benarkah Tidur Siang Bikin Balita Lebih Pintar Bicara?

Comments