Benarkah Tes PCR Pastikan Pelaku Perjalanan Terhindar dari Covid-19?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Benarkah Tes PCR Pastikan Pelaku Perjalanan Terhindar dari Covid-19?

Benarkah Tes PCR Pastikan Pelaku Perjalanan Terhindar dari Covid-19?

KEPONEWS.COM - Benarkah Tes PCR Pastikan Pelaku Perjalanan Terhindar dari Covid-19? BARU-BARU ini pemerintah memutuskan kembali untuk menurunkan harga tes PCR Rp.275 ribu untuk Pulau Jawa dan Bali, sementara Rp.300 ribu untuk luar Pulau Jawa dan Bali. Batasan tarif tertinggi pemeriks...

BARU-BARU ini pemerintah memutuskan kembali untuk menurunkan harga tes PCR Rp.275 ribu untuk Pulau Jawa dan Bali, sementara Rp.300 ribu untuk luar Pulau Jawa dan Bali.

Batasan tarif tertinggi pemeriksaan PCR tersebut telah ditetapkan melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan nomor HK.02.02/1/3843/2021 dan mulai berlaku pada Rabu 27 Oktober 2021.

Tes PCR

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marinvest), Luhut Binsar Pandjaitan, berupaya memperkuat testing jelang libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang akan tiba beberapa minggu ke depan. Oleh alasannya adalah itu, pemerintah mewajibkan masyarakat yang hendak melakukan mobilitas dengan banyak sekali moda transportasi dengan mewajibkan tes PCR bagi para pelaku perjalanan.

Meski demikian, apakah tes PCR yang dilakukan pelaku perjalanan bisa memastikan bahwa seseorang pasti aman dari infeksi Covid-19?

Melalui akun Instagram resmi @dr.fajriaddai, Jumat (29/10/2021), Pakar Kesehatan sekaligus Dokter relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda i menegaskan tes PCR tidak menjamin sepenuhnya seseorang terhindar dari infeksi Covid-19.

Walaupun sudah di tes PCR, semua moda transportasi masih memungkinkan terjadinya potensi penularan. Di setiap moda transportasi apapun, seperti pesawat, kereta, mobil, bus, apapun itu, masih tetap bisa tertular. Terlebih lagi bila orang tersebut tidak di tes PCR maupun Antigen, terang dr. Fajri dalam unggahannya.

Menurut dr. Fajri hanya satu hal yang bisa dilakukan masyarakat agar terhindar dari infeksi Covid-19, diantaranya: menjaga protokol kesehatan, makan hati-hati di dalam sarana transportasi, tidak mengobrol dengan orang yang tidak penting, dan mengurangi interaksi.

Cara itulah yang menjadi kata kunci paling penting saat ini. Tes PCR digunakan untuk menyaring orang yang terinfeksi Covid-19. Tapi lebih baik lagi kalau seseorang tidak pergi kemana-mana dan mengurangi mobilitas untuk yang kurang perlu, tuntasnya.

(DRM)

Comments