Benarkah Serangan Jantung Hanya Rentan bagi Orangtua? Ini Faktanya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Benarkah Serangan Jantung Hanya Rentan bagi Orangtua? Ini Faktanya

Benarkah Serangan Jantung Hanya Rentan bagi Orangtua? Ini Faktanya

KEPONEWS.COM - Benarkah Serangan Jantung Hanya Rentan bagi Orangtua? Ini Faktanya WORLD Health Organization (WHO) pada 2017 menyebutkan merupakan penyumbang kematian terbesar di dunia. Diperkirakan pada tahun sebelumnya 17,9 juta orang meninggal karena penyakit tersebut. Sementara...

WORLD Health Organization (WHO) pada 2017 menyebutkan merupakan penyumbang kematian terbesar di dunia. Diperkirakan pada tahun sebelumnya 17,9 juta orang meninggal karena penyakit tersebut.

Sementara itu mungkin sebagian orang beranggapan bahwa hanya rentan bagi orangtua. Pertanyaannya, benarkah anggapan tersebut?

Bila Kamu merupakan salah satu orang yang menganggap demikian, bisa dipastikan Kamu salah besar. Konsultan Kardiologi Intervensi Rumah Sakit Awal Bros, dr. Dasdo Antonius Sinaga, SpJP(K), FIHA, pun mencoba untuk memaparkan anggapan yang tersebut.

Penyakit jantung terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah jantung yang dikenal sebagai pembuluh arteri koroner. Pembuluh atau urat koroner bisa mengalami penyempitan karena adanya kerak atau plak lemak yang menempel pada dindingnya, ucapnya.

Ilustrasi Serangan Jantung, Foto Shutterstock

Dokter Dasdo mengatakan bahwa plak tersebut sudah terbentuk semenjak di usia dini (anak-anak atau remaja). Sementara pada usia yang lebih tua, arteri koroner akan mengalami penyumbatan (istilah lain untuk penyempitan yang sudah parah).

Saat ini diketahui terjadi pada usia yang lebih muda. Tak jarang di umur 30-40 tahun, bahkan di usia 20-an tahun, terutama jikalau mengidap penyakit diabetes (penyakit gula) atau mempunyai kebiasaan merokok, pungkasnya.

(abp)

Comments