Benarkah RAM dan Resolusi dari Kamera Tentukan Canggihnya Sebuah HP?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Benarkah RAM dan Resolusi dari Kamera Tentukan Canggihnya Sebuah HP?

Benarkah RAM dan Resolusi dari Kamera Tentukan Canggihnya Sebuah HP?

KEPONEWS.COM - Benarkah RAM dan Resolusi dari Kamera Tentukan Canggihnya Sebuah HP? Ilustrasi fotografi. (Pixabay/StockSnap) Ketika Kamu ingin membeli smartphone, biasanya ada 2 tipe orang dengan cara penentuan yang berbeda. Pertama merupakan orang yang setia dengan sebuah brand, bia...

Ilustrasi fotografi. (Pixabay/StockSnap)

Ketika Kamu ingin membeli smartphone, biasanya ada 2 tipe orang dengan cara penentuan yang berbeda. Pertama merupakan orang yang setia dengan sebuah brand, biasanya ini merupakan pengguna iPhone yang hanya berpikir ingin upgrade iPhone lamanya dengan iPhone seri terbaru.

Tipe kedua merupakan orang yang mementingkan spesifikasi, terutama pada besarnya ram dan resolusi kamera tersebut. Biasanya ini merupakan pengguna android yang terkesima dengan smartphone yang mempunyai performa yang powerfull di atas kertas, sehingga smartphone terkesan canggih, futuristic dan anti lelet.

Tipe kedua inilah yang suka membandingkan besaran performa suatu handphone. Meskipun bukan merupakan sesuatu yang mutlak keliru, memakai besaran angka untuk membandingkan smartphone terkesan terburu-buru menghakimi performa gadget tersebut.

Teruntuk Kamu yang ingin hunting smartphone di e-commerce ketika diskon akhir tahun nanti, sebelumnya Kamu harus tahu dulu kalau ada promo cicilan 0% dari Kredivo yang bisa Kamu manfaatkan untuk kredit HP tanpa uang muka pada pada 10-12 November mendatang. Promo ini khusus kredit HP tanpa uang muka dengan tenor 3 dan 6 bulan secara online di e-commerce favorit Kamu.

Ilustrasi HP. (pexels/Daria)Ilustrasi HP. (pexels/Daria)

Selain soal promo akhir tahun, Kamu juga jangan sampai terbuai oleh besaran RAM dan resolusi kamera saja ketika memilih smartphone. Mengapa? Mari kita bahas secara lengkap.

RAM
RAM atau Random Access Memory merupakan tempat penyimpanan data yang bersifat sementara pada suatu perangkat elektronik. Ia akan bekerja ketika perangkat diaktifkan. Data yang ada di dalamnya akan dihapus ketika perangkat tersebut dimatikan. Bila diibaratkan, RAM ialah jalan raya, software merupakan mobil dan memori ialah garasi. Bila semakin luas jalan
raya, semakin banyak mobil yang bisa berlalu lalang di tempat tersebut. Lalu, seberapa pentingkah RAM pada smartphone Kamu? John Poole, seorang pakar IT dari GeekBench mengatakan rata-rata orang memakai 9 software per hari hingga 30 software per bulannya. Dengan demikian seharusnya kapasitas RAM yang terpakai hanya 2,3GB per hari. Jadi tidak terlalu penting RAM besar untuk penggunaan keseharian. Banyak orang yang beranggapan bahwa semakin besar RAM semakin cepat performanya itu salah besar. Performa smartphone itu dipengaruhi oleh chipset, grafis dan prosesornya. Jadi, jangan menyimpulkan bahwa semakin besar RAM di suatu HP, semakin cepat juga performa HP tersebut, ya!

Resolusi Kamera

Ilustrasi fotografi makanan. (Pixabay/Stocksnap)Ilustrasi fotografi makanan. (Pixabay/Stocksnap)

Sebagaimana kita tahu, jikalau ada smartphone baru yang keluar, spesifikasi kamera biasanya disuguhkan oleh besarnya piksel. Megapiksel sendiri mempunyai arti satu juta piksel. Piksel merupakan kotak kecil yang disatukan seperti potongan puzzle atau mozaik untuk menyusun foto hasil jepretan sebuah kamera. Jikalau Kamu membandingkan smartphone yang mempunyai 10 megapiksel dan 2 megapiksel, jelas gambar yang diambil lebih jernih 10 megapiksel, karena 10 megapiksel bisa menyusun 10 juta kotak sedangkan 2 megapiksel hanya bisa menyusun 2 juta kotak. Alhasil, semakin
besar megapiksel, semakin tajam dan jelas hasil foto tersebut. Tapi, apakah semakin besar resolusi kamera merupakan satu-satunya patokan kualitas kamera?

Jawabannya merupakan tidak, karena Kamu juga harus memperhatikan sensor pada kamera tersebut. Kamera yang mempunyai sensor kecil akan mempersulit piksel untuk menangkap cahaya lebih banyak. Begitupun sebaliknya, kamera dengan sensor yang lebih besar akan menghasilkan gambar dengan noise yang lebih sedikit. Meski dengan pengaturan ISO tinggi,
gambar tidak akan noise kalau kamera smartphone-mu mempunyai sensor yang bagus. Jadi, besaran megapiksel kamera bukan patokan bagus tidaknya sebuah kamera pada smartphone, ya! Tetap setelah membaca in Kamu jadi tidak memperdulikan resolusi kamera juga. Setidaknya kalau ingin mendapatkan photo bagus, smartphone tersebut mempunyai resolusi
kamera 8 megapiksel.

Selain ukuran megapiksel dan sensor kamera yang bisa membuat hasil foto jadi lebih baik, jangan lupa juga pertimbangkan fitur-fitur lain. Contohnya dukungan pengambilan gambar low light, image stabilizer, ukuran aperture yang besar, fasilitas optical zoom, kemampuan mengatur ISO, fasilitas HDR, panorama hingga dukungan format file RAW. Dan jangan lupa yang terpenting ialah Kamu sebagai man behind the gun! Dengan skill fotografi yang mumpuni dan terus dilatih, maka hasil foto yang Kamu hasilkan akan jauh lebih baik.

Comments