Benarkah Obesitas Bisa Menular? Cek Fakta Ini!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Benarkah Obesitas Bisa Menular? Cek Fakta Ini!

Benarkah Obesitas Bisa Menular? Cek Fakta Ini!

KEPONEWS.COM - Benarkah Obesitas Bisa Menular? Cek Fakta Ini! Obesitas atau kegemukan terjadi ketika bobot badan Kamu melebihi batas wajar. Obesitas terjadi biasanya karena tidak adanya kontrol asupan makanan yang masuk ke tubuh, selain itu tidak berolahraga. Se...

Obesitas atau kegemukan terjadi ketika bobot badan Kamu melebihi batas wajar. Obesitas terjadi biasanya karena tidak adanya kontrol asupan makanan yang masuk ke tubuh, selain itu tidak berolahraga.

Selain dua hal itu, Sosiolog Universitas Indonesia Roby Muhamad, PhD, memaparkan bahwa obesitas itu bisa menular. Pernyataan yang mungkin langsung membuat dahi Kamu berkerut, kan?

Obesitas

Dijelaskan Roby, maksud dari obesitas dapat menular ialah ketika Kamu mempunyai sahabat atau kelompok yang mempunyai orang dengan obesitas, secara tidak langsung itu akan memengaruhi Kamu. Jadi, bukan suatu virus 'obesitas' masuk ke tubuh dan menularkan virus tersebut.

"Enggak ada itu yang namanya virus obesitas, tapi menular di sini berarti kebiasaan itu dilakukan juga oleh sahabat bahkan temannya sahabat. Kalau ditanya kenapa, sampai sekarang belum ada jawabannya," ungkap Roby.

Pengaruh di sini bisa dari bagaimana Kamu memilih menu makanan dan minuman, tidak banyak melakukan aktivitas fisik, atau juga kebiasaan-kebiasaan lain yang meningkatkan risiko obesitas.

Proses penularannya pun harus dalam jangka waktu yang relatif sering. Ketika sudah sering melakukannya, itu akan dianggap wajar, dan masalah obesitas semakin di depan mata.

Selanjutnya

Comments