Benarkah Kebanyakan Makan Micin Bikin Lemot?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Benarkah Kebanyakan Makan Micin Bikin Lemot?

Benarkah Kebanyakan Makan Micin Bikin Lemot?

KEPONEWS.COM - Benarkah Kebanyakan Makan Micin Bikin Lemot? JAKARTA - Kalo ada yang ngelakuin hal bodoh, sering diejek "Kebanyakan micin lo!". Apakah benar? Hingga kini masih banyak masyarakat yang memperdebatkan apakah penyedap rasa MSG atau micin punya penga...

JAKARTA - Kalo ada yang ngelakuin hal bodoh, sering diejek "Kebanyakan micin lo!". Apakah benar?

Hingga kini masih banyak masyarakat yang memperdebatkan apakah penyedap rasa MSG atau micin punya pengaruh pada kinerja otak atau nggak.

Hal ini wajar saja. Karena, meski Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah mengategorikan MSG sebagai makanan yang aman, nggak ada yang benar-benar pasti di dunia sains.

Penelitian soal micin pun terus dilakukan untuk benar-benar memastikan keamanannya.

Penyedap rasa atau yang lebih akrab dengan sebutan micin memiliki kandungan monosodium glutamat yang terdiri dari air, natrium, dan glutamat.

Glutamat yang juga terkandung dalam susu, keju, daging, ikan, dan beberapa sayuran merupakan zat penting yang dapat mengubah rasa makanan jadi lebih nikmat.

Ayah-Bunda, Please Jangan Pakaikan Jaket pada Anak yang Duduk di Car Seat

Dalam artikelnya di laman hellosehat, dr Ivena menulis bahwa kandungan asam glutamat itu dapat membuat sel-sel saraf otak lebih aktif dan membuat makanan jadi lebih lezat.

"Selama ini kebanyakan efek samping yang dilaporkan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG memang terjadi pada sistem saraf di otak. Karena itu, MSG secara nggak langsung bisa membuat seseorang jadi lemot ," tulisnya seperti dilansir Minggu (12/11/2017).

"Lemot" atau lemah otak ialah istilah yang dipilih dr Ivena untuk menggambarkan penurunan fungsi kognitif otak.

Benarkah Kebanyakan Makan Micin Bikin Lemot?

Comments