Benarkah BI Ikut-Ikut The Fed Turunkan Suku Bunga? Ini Kata Gubernur Perry

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Benarkah BI Ikut-Ikut The Fed Turunkan Suku Bunga? Ini Kata Gubernur Perry

Benarkah BI Ikut-Ikut The Fed Turunkan Suku Bunga? Ini Kata Gubernur Perry

KEPONEWS.COM - Benarkah BI Ikut-Ikut The Fed Turunkan Suku Bunga? Ini Kata Gubernur Perry JAKARTA - Bank Indonesia kembali menurunkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin menjadi 5,25%. Penurunan suku bunga acuan yang dilakukan oleh Bank Indonesia ini disebut-sebut untuk merespons pen...

JAKARTA - Bank Indonesia kembali menurunkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin menjadi 5,25%. Penurunan suku bunga acuan yang dilakukan oleh Bank Indonesia ini disebut-sebut untuk merespons penurunan suku bunga acuan oleh Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Wajar saja, Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) sendiri baru saja menurunkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin. The Fed menargetkan acuan dana federal (Fed Fund Rate/FFR) di kisaran 1,75% hingga 2%.

Ikuti The Fed, Apa Alasan BI Turunkan Suku Bunga Jadi 5,25%?

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, penurunan BI Rate yang dilakukan pada hari ini sama sekali tidak terpengaruh oleh turunnya Fed Fund Rate. Justru menurutnya, Bank Indonesia sudah memperkirakan semenjak jauh-jauh hari mengenai wacana penurunan suku bunga acuan oleh The Fed ini.

RDG Bank Indonesia di September 2019 (Foto: Giri Hartomo/Okezone)

"Apakah ada kaitannya dengan Fed Fund Rate? Tidak ada. Kita sudah memperkirakan FFR," ujarnya dalam acara konferensi pers di Komplek Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

BI Kembali Turunkan Suku Bunga Acuannya Jadi 5,25%

Justru lanjut Perry, pihaknya berencana akan melanjutkan bauran kebijakan yang akomodatif di sisa tahun 2019. Tujuannya merupakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia agar bisa sesuai sasaran 5,1%.

Ke depan bank Indonesia akan melanjutkan bauran akomodatif sejalan dengan perkiraan inflasi dan perlu mendorong pertumbuhan ekonomi, ucapnya.

BI Berani Ikuti Langkah The Fed Turunkan Suku Bunga?

Yang dimaksud Perry kebijakan akomodatif menyangkut banyak hal. Salah satunya merupakan dengan menurunkan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI Rate).

Selanjutnya

Comments