Benarkah Ada Putri Duyung di Danau Sentani?

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Benarkah Ada Putri Duyung di Danau Sentani?

Benarkah Ada Putri Duyung di Danau Sentani?

KEPONEWS.COM - Benarkah Ada Putri Duyung di Danau Sentani? PENELITIAN Balai Arkeologi Papua di Kampung Dondai, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura mengungkapkan makna di balik ukiran motif putri duyung berwarna hitam putih yang ditemukan pada tiang rumah istiad...

PENELITIAN Balai Arkeologi Papua di Kampung Dondai, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura mengungkapkan makna di balik ukiran motif putri duyung berwarna hitam putih yang ditemukan pada tiang rumah istiadat Suku Sentani atau Obhee.

Putri duyung digambarkan sebagai sosok perempuan cantik berambut panjang tergerai yang setengah ke bawah tubuhnya seperti ikan bersisik dan berekor.

ilustrasi

Menurut Corry Ohee, pegiat seni dan budaya leluhur Sentani, nenek moyang Suku Sentani berasal dari Lautan Teduh atau wilayah Pasifik. Mereka berlayar ke Danau Sentani yang dulunya merupakan lautan.

"Nenek moyang kami orang Pasifik. Jadi dulu (Danau Sentani) ini merupakan laut, dan ukiran putri duyung ini menggambarakan sejarah masa lalu. Dan kemungkinan memang ada putri duyung di sini," kata Corry, Senin (26/10/2020).

7 Tempat Wisata Belanja Terbaik di Bali, Nomor 6 Lokasi Syuting Film Hollywood

Daud Wally, tokoh masyarakat Kampung Dondai mengungkapkan makna ukiran putri duyung di rumah warga setempat.

"Ukiran putri duyung berfungsi sebagai pengingat bahwa leluhur masyarakat Sentani berasal dari Pasifik di sebelah timur Sentani. Saat ini putri duyung telah menjadi lambang marga di Danau Sentani bagian barat," katanya.

Peneliti senior Balai Arkeologo Papua, Hari Suroto mengatakan, ukiran putri duyung memang bukti cerita rakyat soal orang Pasifik merupakan leluhur warga Sentani.

"Putri duyung dikenal dalam cerita rakyat digambarkan hidup di lautan. Secara ilmiah duyung disebut dugong dugon. Dugong bukanlah sejenis ikan, tetapi tergolong dalam hewan mamalia laut pemakan tumbuhan lamun. Padang lamun banyak ditemukan di teluk-teluk perairan Pasifik selatan," katanya.

Comments