Benar-benar Liburan ala Sultan, Nyelam ke Dasar Laut Bayar Rp12 Miliar

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Benar-benar Liburan ala Sultan, Nyelam ke Dasar Laut Bayar Rp12 Miliar

Benar-benar Liburan ala Sultan, Nyelam ke Dasar Laut Bayar Rp12 Miliar

KEPONEWS.COM - Benar-benar Liburan ala Sultan, Nyelam ke Dasar Laut Bayar Rp12 Miliar Benar-benar liburan ala sultan. Mau menyelam ke dasar laut harus membayar Rp12 miliar lebih. Ya benar, Palung Mariana menjadi tempat terdalam lautan yang ada di seluruh dunia. Tentu hal ini menjadi da...

Benar-benar liburan ala sultan. Mau menyelam ke dasar laut harus membayar Rp12 miliar lebih. Ya benar, Palung Mariana menjadi tempat terdalam lautan yang ada di seluruh dunia. Tentu hal ini menjadi daya tarik bagi turis berkantong tebal. Tak tanggung-tanggung, mereka harus merogoh kocek US$750 ribu atau Rp12,3 miliar.

Dikutip dari situs Daily Mail, Senin, 6 April 2020, Ekspedisi Eyos yang berbasis di Isle of Man menunjukkan kesempatan langka ini untuk tiga turis yang ingin menyelam pada kedalaman 35.853 kaki dari permukaan laut.

Tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk berkunjung, dan bahkan melihat-lihat isi palung terdalam di dunia yang terletak di Samudera Pasifik tersebut. Namun, berkat seorang penjelajah sekaligus pensiunan perwira angkatan laut Victor Vescovo, kini siapa pun bisa menengok Palung Mariana.

Kemudian, tidak ada syarat khusus untuk bergabung, namun para penumpang harus mempunyai berat badan di bawah 100 kilogram agar dapat masuk ke dalam lubang kapal selam yang sempit.

Hewan laut yang hidup di palung Mariana, tempat terdalam di bumi.

Bagi tiga turis yang beruntung akan terbang ke Pulau Guam, Amerika Serikat. Kemudian, mereka akan menumpang di Kapal Ekspedisi DSSV Pressure Drop dan menghabiskan waktu satu hari di laut sebelum sampai ke Palung Mariana.

Ekspedisi akan berlangsung pada Juni mendatang itu memakai Kapal Selam Limiting Factor untuk bisa mencapai palung yang mempunyai jukukan Challenger Deep, yaitu titik dasar laut Bumi yang paling dalam dan terletak di ujung selatan Palung Mariana.

Tekanan air yang tinggi pada kedalaman yang luar biasa ini menunjukkan bahwa pengoperasian submersible ialah operasi yang rumit. Sebelumnya kapal telah diuji hingga kedalaman 45.931 kaki dan sudah ke dasar Palung Mariana sebanyak lima kali.

Ilustrasi kerja dari rumah

Seruan untuk Para Suami yang Kerja dari Rumah

VIVA Militer: Militer Nigeria tengah melakukan penjagaan wilayah Delta State

Keliaran Saat Lockdown, Pria Paruh Baya Ditembak Mati Tentara Nigeria

BBC Indonesia

PM Inggris Boris Johnson Dilarikan ke Rumah Sakit

BBC Indonesia

Mudik Diperbolehkan, Penyebaran Corona Bisa Tak Terkendali

Ganindra Bimo dan Andrea Dian

Cerita Andrea Dian Dinyatakan Positif COVID-19 Hingga Akhirnya Sembuh

Ular Russel Viper yang mematikan.

Ular Viper Lebih Mematikan dan Proaktif dari Ular Kobra

Menurut Ekspedisi Eyos, mereka telah bekerja sama dengan Caladan Oceanic. Turis akan dilindungi bola titanium setebal 90 mm dan tidak akan mengalami perubahan tekanan maupun tekanan fisiologis.

"Bagian dalam kapal selam akan terasa tenang, tenang, dan santai. Di dalam tersedia tiga kursi, tiga viewport, dan kamera surround resolusi tinggi. Setiap penyelaman akan menghabiskan waktu 14 jam," kata Vescovo. Begitu tiba di dasar laut, para turis berkesempatan merekam spesies yang hidup di sana.

Hewan laut yang hidup di palung Mariana, tempat terdalam di bumi

"Sensasi yang bisa didapatkan dari pengalaman ini ialah betapa sunyi dan tenangnya saat saya bergerak semakin dalam, dan lebih dalam lagi. Tidak ada yang berubah dalam kapsul selam kecuali pengukur kedalaman digital yang menunjukkan angka kedalaman," ungkapnya.

Upaya pertama dilakukan pada 1960 oleh ahli kelautan Don Walsh dan Jacques Piccard, di mana keduanya mencapai kedalaman sekitar 10.916 meter. Kemudian, pada Maret 2012, sutradara film James Cameron berhasil mencapai kedalaman 10.908 meter sebagai orang pertama yang yang menyelam secara perorangan.

Vescovo melakukan penyelaman solo pertamanya ke dalam Palung Mariana pada April 2019 dan berhasil mengalahkan rekor dunia dengan menyelam hingga 10.928 meter.

Lalu, pada Mei di tahun yang sama, ia kembali menyelam dan menjadi orang pertama yang pernah mengunjungi Challenger Deep dua kali. Ia akan kembali ke Challenger Deep pada Mei 2020 dengan penumpang sipil di kapal pensiunan Angkatan Laut yang telah dirancang ulang untuk penelitian ilmiah.

Comments