Belum Ada Kasus, Indonesia Bakal Buat Vaksin Novel Corona Virus?

Nasional

News / Nasional

Belum Ada Kasus, Indonesia Bakal Buat Vaksin Novel Corona Virus?

Belum Ada Kasus, Indonesia Bakal Buat Vaksin Novel Corona Virus?

KEPONEWS.COM - Belum Ada Kasus, Indonesia Bakal Buat Vaksin Novel Corona Virus? Laporan Wartawan Tribunnews, Apfia Tioconny Billy JAKARTA Novel corona virus yang pertama mewabah di Wuhan, China termasuk virus baru yang belum ada vaksin penangkalnya. Saat ini proses pengobata...
Loading...

Laporan Wartawan Tribunnews, Apfia Tioconny Billy

JAKARTA Novel corona virus yang pertama mewabah di Wuhan, China termasuk virus baru yang belum ada vaksin penangkalnya.

Saat ini proses pengobatan pada pasien yang terjangkit novel corona virus pun dikonsentrasikan pada penyembuhn gejala yang dikeluhkan oleh pasien.

Pengembangan terkait penemuan obat terus dilakukan terus dilakukan terutama oleh pemerintah China.

Lalu bagaimana dengan penelitian vaksin novel corona virus di Indonesia?

11 Tanda Seseorang Akan Segera Menemui Ajalnya, Salah Satunya Tidur Lebih Lama

Rajanya Ditahan, Sunda Empire Pun Runtuh, Satu Persatu Anggotanya Merasa Dibohongi Keluar

Terkendala Cuaca dan Sulitnya Medan, Tim Evakuasi Tinjau Ulang Rute dan Titik Jatuh Helikopter MI-17

Kepala Badan Penelitan dan Pengembangan Kesahatan (Balitbangkes), Siswanto memaparkan untuk menemukan vaksin butuh tahapan panjang.

Pertama harus dimulai dari pengurutan keseluruhan genom atau whole genome sequencing terlebih dulu menentukan urutan DNA lengkap dari suatu genom organisme.

Kalau untuk vaksin pertama tahu geno sequencenya secara utuh baru diidentifikasi dari benang panjang itu mana yang bisa dikembangkan jadi vaksin. Itu perlu uji di lab lama, kata Siswanto saat ditemui di Balitbangkes, Jakarta Selatan, Selasa (11/2/2020).

Dari gen tersebut barulah bisa dikembangkan untuk proses pengadaan vaksin untuk menangkal gen tersebut.

Setelah gennya tahu barulah secara genetika bisa direkayasa untuk menghasilkan protein yang diinginkan, tidak harus dengan virusnya sendiri itu bisa digunting dibiakkan di sel lain itu bisa, tutur Siswanto.

Sementara itu sampai saat ini Indonesia masih belum mempunyai gen terkait novel corona virus karena dari hasil pemeriksaan spesimen di Balitbangkes belum ada yang positif novel corona virus.

Identifikasi gen itu dari yang masuk spesimen, kalau positif, tapi belum ada yang positif. Kalau positif nanti dilakukan whole genome sequence kan kelihatan nanti, ucap Siswanto.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Balitbangkes Dr. dr. Vivi Setiawaty, M. Biomed menambahkan Balitbangkes sudah melakukan penelitian vaksin seperti dengue dan dislipidemia.

Kita ada penelitian vaksin dengue disini, kemudian beberapa penelitian obat dari tanaman obat seperti misalnya tanaman gambir untuk dislipidemia, kemudian obat untuk DHP, DHA, untuk malaria kita penelitian, pungkas Vivi.

Belum Ada Kasus, Indonesia Bakal Buat Vaksin Novel Corona Virus?

Comments