Beli Motor dan Mobil Enggak Pakai DP, Ada Dampak Negatifnya

Otomotif

News / Otomotif

Beli Motor dan Mobil Enggak Pakai DP, Ada Dampak Negatifnya

Beli Motor dan Mobil Enggak Pakai DP, Ada Dampak Negatifnya

KEPONEWS.COM - Beli Motor dan Mobil Enggak Pakai DP, Ada Dampak Negatifnya Otoritas Jasa Keuangan akhirnya menerbitkan aturan baru soal kredit kendaraan bermotor. Dalam aturan tersebut, konsumen dapat melakukan pembelian tanpa harus membayar uang muka atau down payment. Ke...
Loading...

Otoritas Jasa Keuangan akhirnya menerbitkan aturan baru soal kredit kendaraan bermotor. Dalam aturan tersebut, konsumen dapat melakukan pembelian tanpa harus membayar uang muka atau down payment.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Aturan OJK nomor 35/POJK.05/2018, tertanggal 27 Desember 2018, dan berlaku untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

Meski kebijakan itu membuat masyarakat semakin mudah mendapatkan mobil atau motor impian, namun menurut Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI, ada dampak negatif yang ditimbulkan.

Berdasarkan rilis yang diterima VIVA, Sabtu 12 Januari 2019, kebijakan OJK tersebut diklaim tidak sejalan dengan upaya Presiden Joko Widodo, agar masyarakat memakai angkutan umum.

Kendaraan bermotor terjebak kemacetan di Jalan KH. Abdullah Syafei, Jakarta

Dengan kemudahan itu, minat masyarakat untuk memakai angkutan umum akan semakin turun, dan memilih memakai kendaraan pribadi.

image_title

Wapres JK Ajak Industri Jasa Keuangan Sambut 2019 dengan Optimisme

image_title

OJK Paparkan Lima Kebijakan Strategis Hadapi Tahun 2019

image_title

Darmin: DP Nol Persen Kendaraan Tak Buat Pertumbuhan Kredit Naik

Alhasil, lalu lintas bakal semakin padat dan membuat pengguna kendaraan lebih boros dalam pemakaian bahan bakar. Selain itu, DP nol persen juga bisa berpotensi memperparah jumlah kredit macet.

Efek dari kebijakan DP nol persen juga dikhawatirkan sejumlah pedagang mobil bekas yang bermarkas di daerah Cipinang, Jakarta Timur.

Menurut pemilik ruang pamer mobil bekas Bambu Kuning Motor, Fadli, adanya DP nol persen dipastikan akan menurunkan pendapatan penjualan mobil bekas. Terlebih, bila aturan itu hanya berlaku untuk pembelian mobil baru saja.

Penjualan mobil bekas

Pasti berpengaruh, karena tanpa punya uang orang bisa mempunyai mobil baru. Semoga hanya wacana. Untuk saat ini, saya jualan per bulan itu bisa 10 sampai 15 unit. Kalau wacana itu jadi, bisa saja turun angkanya, katanya. (ren)

Loading...

Comments