Belasan Replika Naga Siap Lakukan Kirab Cap Go Meh Pontianak

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Belasan Replika Naga Siap Lakukan Kirab Cap Go Meh Pontianak

Belasan Replika Naga Siap Lakukan Kirab Cap Go Meh Pontianak

KEPONEWS.COM - Belasan Replika Naga Siap Lakukan Kirab Cap Go Meh Pontianak Jum'at, 10 Februari 2017 | 06:02 WIBPertunjukan Tari Naga menghibur pengunjung di festival lentera di Singkawang, Kalimantan, 3 Maret 2015. Ribuan pengisi acara menghadiri festival jelang perayaan Cap...

Jum'at, 10 Februari 2017 | 06:02 WIB

Belasan Replika Naga Siap Lakukan Kirab Cap Go Meh Pontianak

Pertunjukan Tari Naga menghibur pengunjung di festival lentera di Singkawang, Kalimantan, 3 Maret 2015. Ribuan pengisi acara menghadiri festival jelang perayaan Cap Go Meh, atau hari ke-15 dalam Tahun Baru Cina. Robertus Pudyanto/Getty Images

Pontianak -Belasan replika naga siap menjalani arak-arakan dalam perayaan Cap Go Meh di Pontianak, besok, Sabtu, 11/2. Kemarin replika tersebut sudah menjalani ritual "naga buka mata" di Kelenteng Kwan Tie Bio, Jalan Diponegoro Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Gosip lain: Yang Khas Dari Sleman: Gelar Macapatan Rutin Tiap ...

Ketua Panitia Cap Go Meh 2017, Abi Hasni Tahir mengtaakan ada belasan replika naga dari banyak sekali yayasan pemadam kebakaran di Pontianak, yang melakukan ritual naga buka mata. "Ritual itu didoakan oleh seorang dukun, dengan ditandai warna merah di bagian mata (naga)," kata Abi Hasni Tahir.

Dalam proses tersebut satu persatu replika naga masuk ke Kelenteng yang dikenal sebagai Kelenteng Dewa Perang tersebut. "Bagi replika naga yang sudah menjalani ritual naga buka mata, akan langsung mendatangi rumah-rumah warga Tionghoa untuk mengusir roh-roh jahat," kata Abi.

Isu lain: Outbound Di Dalam Ruangan? Mengapa Tidak ...

Menurut Abi, rute arak-arakan pada puncak perayaan Cap Go Meh 2017 sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni di daerah Jalan Gajah Mada dan Tanjungpura.

Abi mengungkapkan seluruh rangkaian acara Cap Go Meh 2017 berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu. "Terbukti dengan meningkatnya tingkat hunian hotel-hotel di Pontianak hingga 100 persen dibanding seminggu sebelumnya."

"Kami berharap perayaan CGM ini menjadi pilar keharmonisan budaya di Kota Pontianak dan Kalbar umumnya," katanya.

Selanjutnya: Makna Ritual Naga Buka Mata

Comments