Bekerja dan Belajar dari Rumah, Ini 5 Tips Tingkatkan Kecepatan Internet

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Bekerja dan Belajar dari Rumah, Ini 5 Tips Tingkatkan Kecepatan Internet

Bekerja dan Belajar dari Rumah, Ini 5 Tips Tingkatkan Kecepatan Internet

KEPONEWS.COM - Bekerja dan Belajar dari Rumah, Ini 5 Tips Tingkatkan Kecepatan Internet Ilustrasi laptop. (Pixabay/Rawpixel) Semenjak kebijakan pemerintah untuk tidak beraktivitas di luar rumah dan menganjurkan untuk belajar dan bekerja dari rumah kalau tidak darurat. Dengan adanya gera...

Ilustrasi laptop. (Pixabay/Rawpixel)

Semenjak kebijakan pemerintah untuk tidak beraktivitas di luar rumah dan menganjurkan untuk belajar dan bekerja dari rumah kalau tidak darurat. Dengan adanya gerakan #DiRumahAja dan juga menjaga jarak fisik sesuai arahan WHO, semakin banyak orang mengandalkan internet untuk bekerja dan belajar.

Melonjaknya penggunaan internet akan membuat kecepatan internet yang melambat dan kondisi tersebut bisa menghambat produktivitas. Dilansir laman Science Alert, Senin (6/4/2020), berikut lima tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan internet di rumah:

1. Alasan mengapa internet lambat

Ada banyak alasan mengapa kecepatan internet pengguna lambat. Penggunaan Internet memerlukan koneksi yang andal antara perangkat dan tujuan, yang mungkin merupakan server yang secara fisik terletak di tempat yang jauh.

Koneksi pengguna ke server itu bisa melewati ratusan perangkat dalam proses perjalanannya. Masing-masing perangkat dalam proses itu hingga mencapai tujuan mempunyai potensi kegagalan atau titik lemah. Bila satu titik di sepanjang jalur ini tidak berfungsi secara optimal, ini dapat secara signifikan mempengaruhi pengalaman internet pengguna.

Server web khususnya sering dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal, termasuk serangan Denial of Service (DOS), di mana lalu lintas yang berlebihan menyebabkan kemacetan di server.

Meskipun pengguna tidak mempunyai kendali atas hal-hal ini dari jaringan rumah, bukan berarti pengguna tidak mempunyai opsi untuk meningkatkan kecepatan internet.

2. Penguat sinyal Wi-Fi

Jalur akses (router nirkabel) di jaringan rumah pengguna digunakan untuk menghubungkan perangkat ke penyedia layanan internet pengguna. Sebagian besar titik akses menyediakan sinyal nirkabel dengan saluran terbatas yang dapat mengalami gangguan dari sinyal terdekat, contohnya merupakan sinyal dari tetangga pengguna.

Ilustrasi wifi di smartphone. [Shutterstock] Ilustrasi wifi di smartphone. [Shutterstock]

"Saluran" merupakan sejenis "pipa" virtual yang digunakan untuk mentransfer data.

Meskipun perangkat pengguna dirancang untuk menghindari gangguan dengan berpindah saluran secara otomatis, itu mungkin membantu untuk memeriksa pengaturan router pengguna karena beberapa perangkat ditetapkan ke saluran tunggal secara default.

Saat mencoba banyak sekali opsi untuk mengurangi interferensi, disarankan untuk memilih saluran 1, 6, atau 11 karena dapat membantu meminimalkan masalah (untuk nirkabel 2.4GHz).

Comments